Tingkatan Takson dalam Klasifikasi Makhluk Hidup Linnaeus


biologyTingkatan takson dalam Taxonomi Linnaeus. Takson adalah itilah yang digunakan untuk tingkat pengelompokan dalam kalsifikasi makhluk hidup. Dalam sistem klasifikasi Linnaeus, makhluk hidup dikelompokkan menjadi suatu kelompok besar yang  kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Kelompok-kelompok kecil ini kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil dan begitu seterusnya sehingga pada akhirnya tinggal satu jenis kelompok paling kecil yang terdiri dari satu jenis makhluk hidup.
Tingkatan dan istilah dalam takson sudah di distandarisasi secara internasional di seluruh dunia berdasarkan pada International Code of Botanical Nomenclature (untuk tumbuhan) dan International Committee on Zoological Nomenclature (untuk hewan). Urutan takson antara lain :
dalam B. latin dalam B. Indonesia
Kingdom
Divisio/Phillum
Clasis
Order
Familia
Genus
Species
Dunia/Kerajaan
Divisio/Filum
Kelas
Ordo
Suku
Marga
Jenis

Tingkatan Takson dalam Ilmu Taxonomi

1. Kingdom.
Kingdom merupakan tingkatan takson tertinggi makhluk hidup. Secara umum kingdom terbagi mejadi 5 kelompok yang diusulkan oleh ahli biologi Robert Whittaker 1969. Kelima kingdom tersebut adalah: Monera, Proista, Fungi, Plantae, dan Animalia

2. Filum / Divisio.
Kelompok besar kedua dibawah Kingdom adalah Fillum atau Divisio yang terdiri dari organisme yang memiliki satu atau dua persamaan ciri. Nama filum digunakan pada dunia hewan, dan nama division digunakan pada tumbuhan. Nama filum tidak memiliki akhiran yang khas sedangkan nama division umumnya memiliki akhiran khas, antara lain phyta dan mycota.

3. Kelas (Classis).
Kelas adalah kelompok takson yang satu tingkat lebih rendah dari filum atau divisio

4. Ordo (Bangsa).
Orda adalah pembagian dari kelas. Atau bisa dikatakan bahwa setiap kelas terdiri dari beberapa ordo. Pada dunia tumbuhan, nama ordo umumnya diberi akhiran ales.

5. Famili.
Family merupakan tingkatan takson di bawah ordo. Setiap ordo terdiri dari beberapa family. Nama family tumbuhan biasanya diberi akhiran aceae, sedangkan untuk hewan biasanya diberi nama idea.

6. Genus (Marga).
Genus atau marga adalah takson yang lebih rendah dari family. Nama genus terdiri atas satu kata, huruf pertama ditulis dengan huruf capital, dan seluruh huruf dalam kata itu ditulis dengan huruf miring atau dibedakan dari huruf lainnya.

7. Species.
Species adalah suatu kelompok organism yang dapat melakukan perkawinan antar sesamanya untuk menghasilkan keturunan yang fertile (subur). Nama species selalunya terdiri dari dua kata yang diawali dengan nama genus yang menggunakan awalan huruf besar dan kata selanjutnya merupakan nama species yang menggunakan awalan huruf kecil.