Astronomi dan Cabang-cabang ilmu Astronomi | Pengertian Ilmu Astronomi

Astronomi dan Cabang-cabang ilmu astronomi. Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda angkasa, khususnya yang berhubungan dengan sifat-sifat fisik dan pergerakannya. Benda-benda angkasa yang dimaksud di sini adalah semua benda yang ada di angkasa rasa, misalnya matahari, planet-planet, satelit, komet, bintang tetap, cluster, meteorit dan debu yang kosmos, baik yang terletak dalam galaksi Bimasakti atau pun yang terletak di luar sistem galaksi Bimasakti.

Cabang-cabang ilmu Astronomi

Adapun cabang-cabang ilmu Astronomi adalah:
1. Astronomi Praktis
Astronomi praktis adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari bagaimana cara mengadakan observasi terhadap benda-benda angkasa, dengan alat-alat astronomis dan metode yang sesuai, sehingga diperoleh data yang memenuhi persyaratan benar.
2. Astronomi Posisi atau Astrometri
Astrometri adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari hubungan geometris benda-benda angkasa, meliputi: kedudukan benda-benda angkasa, jarak benda angkasa yang satu dengan yang lain, ukuran benda angkasa, rotasi dan revolusinya.
3. Astrofisika Astrofisika adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari sifat-sifat fisik dan spesifik benda-benda angkasa yang meliputi: temperatur (suhu) dan radiasi, keadaan atmosfer, keadaan permukaan benda angkasa, keadaan lapisan, dan gejala-gejala lain yang disebabkan oleh sifat fisik tersebut.
4. Kosmogoni Kosmogoni adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari asal usul dan cara terjadinya benda-benda angkasa seperti bintang, matahari, dan planet-planet (termasuk bumi).
5. Astronomi Deskriptif
Astronomi Deskriptif adalah cabang ilmu Astronomi yang  menjelaskan secara teratur atau sistematis tentang fakta-fakta / gejala-gejala astronomis dan bagaimana terjadinya gejala-gejala tersebut serta sebab musababnya.
Itulah tadi sekilas tentang Astronomi, pengertian astronomi dan cabang-cabang ilmu Astronomi. Semoga bermanfaat.