Pengertian Lipid | Definisi Lipid

Pengertian dan definisi Lipid. Lipid adalah kumpulan zat organik yang tidak larut dalam air tetapi larut dalam etanol, eter, kloroform dan lain-lain. Meski Lipid seringkali disamakan dengan lemak dan minyak, namun pada kenyataanya Lemak dan minyak adalah salah satu golongan dari lipid yaitu merupakan lipid netral.

Definisi Lipid itu sendiri adalah senyawa organik yang diperoleh dari proses dehidrogenasi endotermal rangkaian hidrokarbon yang bersifat amfifilik, artinya lipid mampu membentuk struktur seperti vesikel, liposom, atau membran lain dalam lingkungan basah.

Pengertian Lipid adalah bahwa lipid merupakan kelompok besar molekul-molekul yang ada secara alami meliputi lemak, lilin, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, fosfolipida, dan lain-lain

Lipid juga meliputi molekul-molekul seperti asam lemak dan turunan-turunannya termasuk tri-, di-, dan monogliserida dan fosfolipid, juga metabolit yang mengandung sterol, seperti kolesterol. Meskipun manusia dan mamalia memiliki metabolisme untuk memecah dan membentuk lipid, beberapa lipid tidak dapat dihasilkan melalui cara ini dan harus diperoleh melalui makanan.

Next: Metabolisme Lipid dalam tubuh