Sejarah PBB | Pengertian PBB |Tujuan PBB

Pengertian PBB, Sejarah PBB dan Tujuan PBB. PBB singkatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa  atau yang dalam bahasa Inggris di kenal dengan istilah United Nation (UN). PBB adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara yang ada di dunia. PBB merupakan organisasi dunia yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perdamaian dan kesejahteraan hidup umat manusia. Karena PBB selain berfungsi sebagai penengah sengketa juga berfungsi untuk menciptakan kemakmuran di seluruh pelosok dunia pada umumnya dan khususnya untuk kemakmuran negara-negara yang menjadi anggotanya.

Tujuan PBB. Lembaga ini dibentuk untuk mengatur dan memfasilitasi kerjasama antar bangsa-bangsa  dalam hal hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.

Sejarah PBB. PBB berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Francisco, Amerika serikat. PBB di dirikan untuk mengantikan organisasi dunia yang telah ada sebelumnya yaitu liga bangsa-bangsa yang telah gagal dalam mencegah terjadinya perang dunia II (1939-1945).  Hingga saat ini PBB telah beranggotakan 192 negara yang berdaulat di dunia. Organisasi Dunia PBB ini di pimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal yang di pilih setiap 5 tahun sekali. PBB mempunyai 6 Organisasi utama yang mempunyai tanggung jawab sendiri-sendiri terhadapa bidang yang ditanganinya. Ke enam organisasi PBB tersebut antara lain adalah:

6 Organisasi dalam PBB

1. Majelis Umum (majelis musyawarah utama) adalah sebuah wadah untuk menampung segala aspirasi dari anggota PBB yang sekaligus merupakan tempat untuk memutuskan dan menyelesaikan segala persoalan.
2. Dewan Keamanan bertugas untuk memutuskan resolusi tertentu untuk perdamaian dan keamanandunia. Dewan keamanan PBB terdiri dari negara-negara anggota yang terpilih dan 5 anggota tetap dewan keamanan PBB yaitu: Prancis, Inggris, Rusia, Amerika dan Cina.
3. Dewan Ekonomi dan Sosial PBB bertugas untuk membantu dalam mempromosikan kerjasama ekonomi dan sosial internasional dan serta pembangunan.
4. Sekretariat  bertugas untuk studi banding dan menyediakan, informasi, dan fasilitas yang diperlukan oleh PBB)
5. Mahkamah Keadilan Internasional  merupakan suatu wadah yang berfungsi untuk menegakan hukum dunia dan mengambil keputusan yang memerlukan pengadilan berdasarkan bukti dan fakta-fakta
6. Dewan Perwalian PBB. Adalah suatu organisasi dunia yang menjadi wakil / kepanjangan tangan PBB dalam mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan dunia. Dewan perwakilan PBB yang terkenal adalah:  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), World Food Programme (WFP) dan Dana PBB untuk Anak-anak (UNICEF).

Bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa pertama kali digunakan pada 20 Oktober 1947. Bendera PBB memuat lambang PBB berwarna putih dengan latar belakang berwarna biru.

Makna lambang PBB adalah:

  • Ranting Zaitun melambangkan simbol untuk perdamaian,
  • Peta dunia yang melambangkan semua masyarakat dunia.