Sintesis Protein dan proses Sintesis protein

Sintesis protein adalah proses pencetakan protein dalam sel untuk memproduksi senyawa-senyawa polipeptida yang berguna untuk pewarisan sifat secara genetis kepada keturunannya. Sintesis protein seluler sangat erat kaitannya dengan pola pewarisan sifat genetis karena DNA(ADN), RNA (ARN) dan Polipeptida yang juga berperan dalam pewarisan sifat genetis adalah hasil (produk) dari proses sintesis protein. DNA(ADN), RNA(ARN) dan beberapa Polipeptida dikenal sebagai bahan genetik yang populer dengan sebutan asam nukleat. Asam nukleat tersebut bersifat unik karena mampu mengarahkan replikasinya sendiri dari monomer.

Sifat enzim (protein) sebagai pengendali dan penumbuh karakter makhluk hidup ditentukan oleh jumlah jenis, dan urutan asam amino yang menyusunnya. Jenis dan urutan asam amino ditentukan oleh DNA / ADN (Asam Dioksiribose Nukleat). Ada dua kelompok protein yang dibuat ADN, yaitu protein struktural dan protein katalis.
  • Protein struktural akan membentuk sel, jaringan, dan organ hingga penampakan fisik suatu individu. Inilah yang menyebabkan ciri fisik tiap orang berbeda satu sama lain.
  • Protein katalis akan membentuk enzim dan hormon yang berpengaruh besar terhadap proses metabolisme, dan akhirnya berpengaruh terhadap sifat psikis, emosi, kepribadian, atau kecerdasan seseorang.
Proses Sintesis protein meliputi dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Tahap pertama adalah proses transkripsi yaitu suatu proses dimana terjadi pencetakan ARNd oleh ADN yang berlangsung di dalam inti sel.  ARNd inilah yang akan membawa kode genetik dari ADN. Tahap kedua adalah proses Translasi, yaitu penerjemahan kode genetik yang dibawa ARNd oleh ARNt.
Secara sederhana, proses sintesis protein dapat diterjemahkan sebagai berikut;
  • ADN mencetak ARNd dalam proses transkripsi yang berlangsung di dalam inti.
  • ARNd keluar dari dalam inti bergabung dengan ribosom di sitoplasma.
  • Datang ARNt membawa asam amino yang sesuai dengan kodon.
  • Terjadi ikatan antar asam amino sehingga terbentuk protein.
Untuk mengetahui istilah-istilah yang digunakan dalam sintesis protein dapat di lihat pengertiannya dalam artikel Istilah-istilah penting dalam Sinstesis Protein.