Angka Penting dalam Fisika | Angka Tidak Eksak

Angka penting atau angka tidak eksak. Angka penting adalah semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran, termasuk angka yang ditaksir. Angka penting pada ilmu fisika baru dapat dibaca/dihitung setelah diketahui alat ukur yang dipergunakannya.

Setiap alat ukur memiliki skala berupa panjang atau busur. Pada alat ukur tersebut biasanya terdapat goresan besar dan kecil sebagai pembaginya dan dibubuhi dengan nilai tertentu. Untuk menambah ketelitian, alat ukur dapat dilengkapi dengan Nonius. Nonius mempunyai skala goresan yang sangat kecil sehingga tingkat ketelitiannyapun menjadi besar.
Angka penting pada fisika terdiri dari dua angka, yaitu angka eksak (Pasti) dan angka taksiran. Angka eksak adalah angka yang sudah pasti dan tidak diragukan. Contoh angka Eksak:
  • Jumlah halaman novel itu adalah 1550 halaman
  • murid kelas 6 berjumlah 45 orang
  • dalam setahun ada 360 hari
Angka tidak eksak atau angka penting merupakan semua angka yang didapat dari hasil sebuah pengukuran. Contoh angka penting, sebuah balok mempunyai panjang 20,5 mm. Angka 20 merupakan angka eksak, sedangkan angka 5 yang berada di belakang koma merupakan angka taksiran karena angka ini tidak terdapat pada mistar.
Jadi pada intinya, Angka penting adalah keseluruhan angka yang diperoleh dari hasil pengukuran termasuk angka taksiran tanpa ada pembulatan.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)