Enzyme | Fungsi Enzim dan Jenis-jenis Enzim

Enzyme. Fungsi Enzim dan Jenis-jenis Enzim. Enzim adalah suatu biokatalisator organik berupa protein yang menjadi katalis suatu reaksi tanpa ikut bereaksi. Reaksi metabolisme dalam tubuh makhluk hidup sangat banyak, karena itu jenis-jenis enzim pun sangat banyak sebab setiap satu enzim hanya dapat mengkatalis satu jenis reaksi saja. Meski jenis-jenis enzim sangat banyak, namung fungsi enzim secara umum hanya ada 2 saja, yaitu:

Fungsi Enzim

1. Fungsi Enzim adalah mempercepat proses reaksi kimia organik tanpa habis
2. Fungsi enzim adalah untuk menurunkan energi aktivitas, karena energi aktivitas yang tinggi akan memperlama proses reaksi.

Jenis-jenis Enzim

Jenis enzim sangat banyak namun secara umum terbagi dalam 6 golongan, yaitu:
1. Oksidoreduktase adalah jenis enzim yang berfungsi reaksi Redoks (reaksi Reduksi/Oksidasi) 
2. Transferase adalah jenis enzim yg mengatalisis reaksi pemindahan  atau transfer suatu gugus dr suatu senyawa kpd senyawa lain.
3. Hidrolase adalah jenis enzim yang berfungsi sebagai katalis pada reaksi hidrolisis berbagai ikatan, baik pemecahan ester, glikosida, peptide, dll.
4. Liase adalah jenis enzim yang  berfungsi sebagai katalis dalam reaksi pemutusan berbagai ikatan kimia selain melalui reaksi hidrolisisa taupun reaksi oksidasi
5. Isomerase adalah jenis enzim yang berfungsi sebagai katalis pada reaksi perubahan intramolekuler atau isomerisasi sebuah molekul tunggal.
6. Ligase adalah jenis enzim yang menjadi katalisator reaksi penggabungan dua molekul dengan ikatan kovalen.
Untuk mengetahui jenis-jenis enzim lengkap dengan fungsi nya silahkan simak : Jenis-jenis Enzim dan fungsinya
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)