Gempa Bumi | Pengertian Gempa Bumi

Pengertian Gempa Bumi. Gempa bumi merupakan akibat dari aktivitas tenaga endogen yang merusak, menyimpang dari sifat tenaga endogen pada umumnya yaitu membangun. Tenaga yang ditimbulkan gempa bumi bukan merupakan tenaga asli tapi merupakan gejala sampingan dari aktivitas tenaga endogen.

Gempa bumi adalah getaran kulit bumi (litosfer) atau guncangan bumi yang terjadi secara tiba-tiba yang disebabkan oleh pelepasan energi didalam batuan dari bawah permukaan bumi. Gempa bumi biasanya bersumber pada lapisan kulit bumi (Litosfer) bagian dalam yang kemudian merambat ke permukaan bumi. Getaran bumi ini timbul karena adanya retakan atau dislokasi litosfer bumi baik karena aktivitas Tektonisme ataupun Vukanisme.
Gataran Bumi yang menyebabkan gempa bumi yang terjadi karena retakan kulit bumi atau terpisahnya kulit bumi dari kedudukannya semula disebut gempa dislokasi. Gempa bumi dapat terjadi didaratan maupun di lautan tergantung dari posisi terjadinya retakan. Jika timbulnya getaran karena retakan didasar laut, maka disebut gempa laut. Gempa laut seperti ini biasanya menimbulkan bencana yang lebih besar lagi karena mempunyai potensi untuk terjadinya Tsunami.
Kerak bumi selalu bergerak dan ada masanya lempengan kerak bumi saling berbenturan satu sama lain yang menyebabkan timbulnya tegangan dan energi. Tabrakan antar lempeng kerak bumi itu akan membuat sisi-sisi lempeng saling menujam dan terbenam. Lempeng yang mempunyai tenaga lebih kuat akan berada diatas sementara lempeng yang bertenaga lemah akanterbenam dibawahnya. Saat kedua lempeng tersebut bertemu dan bertabrakan, terjadila tegangan dan rengangan yang menghasilkan suatu energi yang maha dasyat. Energi yang di timbulkan akan menyebabkan getaran dan goncangan yang disebut dengan gelombang seismik alias gempa bumi.
Sejumlah tempat di bumi rawan terjadi gempa dibandingkan tempat yang lain. Tempat yang rawan gempa ini biasanya adalah daerah yang berada di daerah perbatasan antar lempeng seperti lempeng Eurasia, lempeng Afrika, lempeng Indo-australia, dll.
Gempa bumi adalah merupakan salah satu bencana alam yang tidak dapat ditanggulangi dan dicegah karena terjadi secara tiba-tiba. Gempa bumi ada banyak macamnya yang akan seperti yang tertulis di artikel Klasifikasi Gempa Bumi.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)