Karbon-14 cara menentukan umur benda | Penanggalan Radiokarbon

Cara menentukan umur benda dengan penanggalan Radiokarbon. Karbon-14 adalah sebuah radioisotop  alami yang ada bumi. Karbon-14 ditemukan di atmosfer dalam gas karbon dioksida. Dalam suatu lingkungan, bisa dipastikan hanya akan ada  satu atom karbon-14 per satu triliun isotop karbon non radioaktif atau stabil. Radioisotop lainnya sebagian besar berupa karbon-12 dan sejumlah kecil karbon-13. .

Karbon 14 secara alami dihasilkan oleh tanaman. Hal ini dikarenakan tanaman mengambil karbon dioksida dari atmosfer untuk metabolismenya. Jika kemudian karbon 14 ini ditemukan didalam jaringan hewan dan dilingkungan dapat diterangkan secara sistematis sebagai hasil proses makan memakan dan pelapukan. Hewan memakan tumbuhan, lalu tumbuhan dan hewan pada akhirnya akan mati dan mengalami pelapukan.
Kadar karbon 14 dalam suatu organisme akan mengalami penurunan dalam kecepatan yang dapat diramallkan.  Prinsip inilah yang mendasari sistem penanggalan radiokarbon dengan menggunak isotop karbon-14. Dengan adanya fakta bahwa semakin lama suatu organisme mati, semakin rendah kadar karbon 14 yang dapat di temukan didalam jasadnya maka kita dapat menentukan kapan makhluk tersebut hidup dan zaman apa.
Cara kerja Penanggalan Radiokarbon tidak bisa dibilang sederhana. Sebuah sampel karbon kecil diekstrak dari sample yang akan dianalisa usianya. lalu sample tersebut dimasukkan ke dalam “sumber ion” spektrometer massa. Sehingga  menyebabkan atom dalam sampel terionisasi dan memiliki muatan listrik serta dapat dipengaruhi medan magnet dan listrik. Terlontar dari sumber ion, ion karbon terbentuk menjadi sebuah berkas yang berlari di sepanjang instrumen dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Dengan memfokuskan berkas tersebut dengan lensa dan penyaring, spektrometer massa kemudian memecahnya menjadi beberapa berkas, masing-masing hanya mengandung satu spesies isotop dari massa tertentu. Karena Karbon-14 lebih berat daripada isotop karbon lainnya, maka dengan cara ini, peneliti dapat mengambil isotop ini dan menentukan seberapa banyak jumlahnya dalam sampel. Dengan cara itulah usia suatu benda dapat di hitung.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)