Pengolahan Bahan Pangan | Tujuan Pengolahan Bahan pangan

Pengolahan Bahan Pangan dalam Teknologi Makanan. Pengolahan bahan pangan adalah suatu kegiatan merubah bahan mentah menjadi bahan siap saji ataupun bahan setengah siap saji. Tidak semua makanan di konsumsi dalam bentuk segar. Sebagian besar makanan di konsumsi setelah terlebih dahulu diolah menjadi berbagai makanan siap saji/setengah siap saji dalam berbagai jenis. Bahan mentah hasil panen kalau dibiarkan begitu saja lama-kelamaan akan mengalami kerusakan akibat pengaruh-pengaruh fisiologik, mekanik, fisik, kimiawi, parasitik atau mikrobiologik. Perubahan-perubahan tersebut ada yang menguntungkan, ada pula yang merugikan. Karena itu diperlukan suatu kegiatan pengolahan bahan pangan yang bisa memastikan agar bahan pangan tersebut tidak terbuang percuma dan bisa di konsumsi bila-bila masa.

Tujuan Pengolahan bahan pangan adalah untuk meningkatkan kualitas dan memperpajang masa simpan bahan pangan.  Pengolahan bahan pangan identik dengan proses pengawetan. Baik pengawetan secara kimia, fisik ataupun mikrobiologi. Dalam pengolahan bahan pangan, perubahan-perubahan yang terjadi pada baha pangan yang bersifa menguntungkan dengan sengaja diadakan, digiatkan, dibantu, dipercepat dan diatur. Sedangkan perubahan-perubahan yang bersifat merugikan dihambat, dicegah, dihindarkan adan di hentikan. Segala sesuatu yeng menyangkut perlakua yang terjadi dalam rangkah megolah bahan pangan dikenal dengan istilah Teknologi makanan.
Di Indonesia banyak sekali industri pengolahan pangan baik yang berskala menengah kebawah ataupun menengah keatas. Untuk mengembangkan usaha dalam industri pengolahan pangan terutama yang menengah kebawah masih diperlukan bimbingan dan pengarahan dari pemerintah ataupun dari para ahli teknologi pangan. Salah satuya upaya kearah itu adalah tulisan atau artikel-artikel tetang teknologi pengolahan pangan yang bersifat membantu, membangun, berbagi pengalaman dan berbagi pengetahuan. Karena itu Kamusq.blogspot.com mencoba untuk ikut serta berbagi sedikit tentang teknologi pengolahan pangan dengan label khusus Food Technologi. Semoga bermanfaat.