Adsorpsi | Pengertian dan Definisi | Sifat-sifat Sistem Koloid

Pengertian dan Definisi Adsorpsi. Salah satu sifat-sifat sistem koloid adalah peristiwa Adsorpsi. Adsorpsi adalah peristiwa penyerapan partikel atau ion atau senyawa lain pada permukaan partikel koloid yang disebabkan oleh luasnya permukaan partikel. Penyerapan partikel atau ion oleh permukaan koloid atau yang disebut peristiwa adsorpsi ini dapat menyebabkan koloid menjadi bermuatan listrik.

Contoh Adsorpsi Koloid

Adsorpsi Koloid

Contoh Adsorpsi koloid yang paling sederhana adalah yang terjadi pada koloid Fe(OH)3 dan As2S3. Koloid Fe(OH)3 dalam air akan menyerap ion H+ sehingga bermuatan positif. Sedangkan Koloid As2S3 akan bermuatan negatif karena permukaannya dapat menyerap ion S2.

Perbedaan Adsorpsi dan Absorpsi

Perbedaan Adsorpsi dan Absorpsi bukan hanya terletak pada hurup D dan B nya saja tetapi juga pada daya serapnya. Pada Adsorpsi daya serap koloid hanya pada permukaannya saja tetapi pada Absorpsi penyerapan terjadi hingga ke bagian dalam dibawah permukaan suatu zat. Intinya, Adsorpsi di definisikan sebagai penyerapan partikel di permukaan suatu zat, sedangkan Absorpsi di definisikan sebagai penyerapan partikel sampai ke bawah permukaan suatu zat.

Manfaat dan Kegunaan Adsorpsi Koloid

Adsorpsi sebagai salah satu sifat koloid mempunyai manfaat yang sangat banyak, diantaranya:
1. Pemutihan Gula pasir
2. Pewarnaan serat wol, kapas atau sutera
3. Penjernihan air sol Al(OH)3 atau tawas
4. Penggunaan Norit untuk mengobati sakit perut
5. Pembersihan dengan sabun
6. Penyerapan Humus oleh Tanah liat

Adsorpsi Koloid sejak dahulu kala telah banyak dimanfaatkan untuk membantu kesejahteraan manusia, terutama dalam proses penjernihan air.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)