Fertilisasi pada Tumbuhan | Penyerbukan dan Pembuahan

Fertilisasi pada tumbuhan. Fertilisasi atau pembuahan adalah proses peleburan antara sel telur dengan spermatozoa. Fertilisasi pada tumbuhan terjadi pada tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif. Perkembangbiakan secara generatif dialami oleh tumbuhan berbiji dan terjadi melalui penyerbukan dan pembuahan. Jika penyerbukan dan pembuahan berhasil maka biji akan terbentuk dan proses fertilisasi pada tumbuhan berakhir dengan sempurna. Karena bagaimanapun fertilisasi pada tumbuhan bertujuan untuk menghasilkan calon tumbuhan baru melalui penyerbukan dan pembuahan.

Fertilisasi pada Tumbuhan

Fertilasasi pada tumbuhan mempunyai dua tahap, yaitu tahap penyerbukan dan tahap pembuahan. Proses fertilisasi pada tumbuhan ini terjadi pada bunga. Bunga merupakan alat perkembang biakan secara generatif pada tumbuhan berbiji. Bunga yang sempurna terdiri dari beberapa bagian, yaitu: tangkai bunga, kelopak, mahkota, benang sari dan putik. Benang sari adalah alat kelamin jantan, sedangkan putik adalah alat kelamin betina. Sel telur ada didalam bakal biji yang terdapat didalam bakal buah. Bakal buah sendiri tersimpan dibagian putik yang mengembung. Bakal biji mempunyai 2 inti, yaitu sel telur dan calon lembaga.
Untuk mengetahui proses fertilisasi pada tumbuhan maka lebih dahulu kita harus mengenal bagian-bagian bunga dan proses penyerbukan dan pembuahan. Untuk itu  silah di simak dahulu dua tautan diatas untuk menambah pengetahuan anda tentang proses fertilisasi pada tumbuhan.