Fungsi Jaringan Epitel

Fungsi Jaringan Epitel. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, organ tubuh atau permukaan saluran tubuh hewan. Jaringan epitel adalah salah satu dari empat jaringan dasar yaitu jaringan penyambung, jaringan otot dan jaringan saraf. Fungsi jaringan Epitel sangat beragam. Secara umum fungsi jaringan epitel adalah sebagai berikut:

Fungsi Jaringan Epitel

Fungsi jaringan epitel antara lain:

1. Fungsi jaringan epitel adalah sebagai pelindung (Proteksi)
Jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung untuk melapisi permukaan jeringan yang berada didalam ataupun di luar tubuh.

2. Fungsi jaringan epitel sebagai alat sekresi (Sekretori)
Jaringan epitel sebagai alat sekretori atau skresi berfungsi mengeluarka/ menghasilkan zat – zat yang berguna bagi tubuh seperti kelenjar. Kelenjar adalah cairan yang menghasilkan getah.  Sel kelenjar adalah sel yang mengambil bahan baku dari darah lalu dibuat menjadi sesuatu. Jenis-jenis kelenjar beragam. Seperti, Kelenjar sekresi jika zat yang dikeluarkannya untuk digunakan kembali, contohnya enzim-enzim. Kelenjar endokrin bila zat yang dikeluarkan (hormone) langsung ke dalam darah.

3. Fungsi Jaringan Epitel sebagai alat penerima impuls / rangsang
Jaringan epitel yang berfungsi sebagai penerima rangsang atau reseptor, disebut epitel sensori atau neuroepitelium. Epitel sensori kebanyakan berada di alat indra.

4. Fungsi jaringan epitel sebagai alat penyaring atau filtrasi
Epitel sebagai alat filtrasi berfungsi untuk menyaring menyaring zat – zat. Misalnya pada dinding kapiler darah dan kapsula Bowman pada ginjal.

5. Fungsi jaringan epitel sebagai alat absorpsi
Epitel sebagai alat absorpsi mengisap zat – zat yang ada di luarnya, misalnya pada usus.Epitel yang membatasi permukaan dalam usus selain berfungsi sebagai pelindung juga berperan dalam proses penyerapan hasil-hasil pencernaan makanan.

6. Fungsi jaringan epitel sebagai alat Lubrikasi
Sebagian besar saluran-saluran dalam tubuh permukaannya harus tetap basah, sehingga epitel yang menutupi harus mampu menghasilkan cairan tertentu, misalnya epitel yang melapisi vagina.

7. Fungsi Jaringan epitel sebagai alat respirasi
Sebagai pintu gerbang lalu lintas zat, berfungsi melakukan penyerapan zat ke dalam tubuh dan mengeluarkan zat dari dalam tubuh. Contohnya pada alveolus paru-paru

8. Fungsi jaringan epitel sebagai alat ekresi
Fungsi epitel sebagai alat ekresi  yaitu mengeluarkan zat – zat yang tidak berguna lagi, contohnya urine.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)