Ikatan Kovalen koordinasi / ikatan semipolar | Jenis-jenis Ikatan Kimia

Jenis-jenis Ikatan Kimia: Ikatan Kovalen koordinasi / ikatan semipolar. Ikatan kovalen koordinat merupakan ikatan kimia yang terjadi apabila pasangan elektron bersama yang dipakai oleh kedua atom disumbangkan oleh salah satu atom saja. Atau dengan kata lain yang lebih sederhana, Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang terjadi apabila pasangan elektron yang dipakai bersama berasal dari salah satu atom yang membentuknya. Sehingga dalam suatu ikatan Kovalen koordinasi terdapat satu atom pemberi pasangan elektron bebas (elektron sunyi), sedangkan atom lain sebagai penerimanya.

Untuk terjadinya pembentukan Ikatan Kovalen koordinasi di perlukan syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat pembentukan ikatan kovalen koordinasi antara lain adalah:
  1. Salah satu atom memiliki pasangan elektron bebas
  2. Atom yang lainnya memiliki orbital kosong
Susunan ikatan kovalen koordinat sepintas mirip dengan ikatan ion, namun kedua ikatan ini berbeda oleh karena beda keelektronegatifan yang kecil pada ikatan kovalen koordinat sehingga menghasilkan ikatan yang cenderung mirip kovalen. Pasangan elektron yang digunakan bersama dalam membentuk ikatan kovalen berasal dari salah satu atom pemberi (atom donor), sedangkan atom yang lain hanya menerima elektron yang disebut atom penerima (atom akseptor). Ikatan kovalen Koordinasi disebut juga sebagai ikatan semi polar  atau ikatan datif.

Contoh dari ikatan Kovalen kordinasi adalah ikatan antara amonia dengan ion hidrogen membentuk ion amonium. Atom N dalam amonia mempunyai pasangan elektron bebas yang dapat dipergunakan bersama dengan ion hidrogen yang telah kehilangan elektronnya. Sehingga amonia yang menyumbangkan atomnya disebut sebagai atom donor sedangkan Hidrogen yang hanya memakai atom yang disumbangkan oleh amonia disebut sebagai atom acceptor.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)