Jenis-jenis Jaringan Epitel

Jenis-jenis Jaringan Epitel. Jenis-jenis jaringan epitel banyak macamnya. Masing-masing jenis jaringan epitel dibedakan berdasarkan faktor-faktor tertentu. Faktor-faktor yang membedakan jaringan epitel menjadi beberapa jenis antara lain:

Jenis-jenis Jaringan Epitel

1. Jeni-jenis jaringan epitel berdasarkan bentuk nya
Sel-sel epitel dalam keadaan hidup dapat berubah bentuknya untuk mengikuti perubahan permukaan yang ditutupinya. Kalau permukaannya mengkerut, bentuk sel-sel epitelnya menjadi lebih tinggi dan sebaliknya kalau permukaannya meluas, bentuk sel-sel akan lebih rendah. Berdasarkan bentuknya, jenis jaringan epitel dibedakan menjadi 3, yaitu:

  • Sel gepeng
  • Sel Kuboid
  • Sel Silidris

2. Jenis-jenis jaringan epitel berdasarkan susunan sel pembentuknya
Sel-sel penyusun jaringan epitel bermacam-macam. Ada jaringan epitel yang tersusun dari satu lapis sel yang disebut Epitel Simpleks dan jaringan epitel yang tersusun dari beberapa lapis sel yang disebut epitel kompleks. Epitel Simpleks dan epitel kompleks terbagi lagi menjadi beberapa jenis, untuk mengetahui lebih detail tentang jenis-jenis jaringan epitel berdasarkan penyusunnya silah simak artikel terkait berikut ini: Jenis-jenis jaringan Epitel