Jenis-jenis Makanan Penyebab penyakit Maag | Pemicu sakit Maag

Jenis-jenis makanan pemicu sakit maag. Makanan bisa jadi penyebab penyakit maag. Makanan seperti apakah gerangan yang bisa menjadi penyebab dan pemicu sakit maag? Dibawah ini terdapat beberapa jenis yang patut di hindari oleh para penderita sakit maag karena dapat menjadi pemicu meningkatnya asam lambung.

Jika perut anda sering terasa kembung dan terasa seperti oenuh padahal belum makan, itu adalah ciri-ciri dari gejala sakit maag. Maag adalah gangguan pada lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam di labung. Penyebab utama meningkatnya kadar asam lambung selain karena seringnya terlambat makan, stress, juga karena disebabkan oleh jenis makanan yang masuk kedalamnya. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dapat menjadi penyebab dan pemicu sakit maag yang kamusq peroleh dari kompas-female

Jenis-jenis makanan penyebab sakit maag

1. Cokelat / Chocolate
Siapa yang tidak suka Cokelat? Hampir semua orang menyukai cokelat, baik sebagai minuman maupun yang dicampur dengan bahan pangan lain seperti kue, cookies, dll. Cokelat berasal dari tanaman kakao, yaitu tanaman tahunan seperti kopi. Cokelat banyak mengandung kakao, kafein dan stimulan lainnya seperti theobromine yang dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu cokelat juga banyak mengandung lemak sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.
2. Minuman berkarbonasi / minuma bersoda
Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi juga dabat menjadi penyebab sakit maag. Karena minuman bersoda bersifat asam serta mengandung gas yang bisa membuat perut menjadi kembung dan semakin tidak nyaman.
3. Makanan yang berminyak / digoreng
Makanan yang digoreng dapat berpengaruh terhadap peningkatan asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu makanan yang digoreng juga dapat menyebabkan gejala heartburn, yaitu rasa nyeri di ulu hati.
4. Minuman beralkohol
Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), hal inilah yang menyebabkan naiknya asam lambung.
5. Produk olahan susu yang tinggi lemak
Produk olahan susu selalunya mempunyai kandungan lemak yang tinggi dan bersifat asam. Contoh produk olahan susu yang patut di hindari oleh penderita sakit maag adalah menyega, yogurt, yakult. Kadar asam yang tinggi dalam makanan olahan susu tersebut dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung.
6. Daging yang berlemak
Selain karena kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing ataupun domba dapat bertahan lama didalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karena itu lebih baik mengurangi konsumsi daging berlemak seperti yang disebutkan diatas dan mengantinya dengan diet dari daging yang rendah lemak seperti ayam, burung dara, ataupun ikan.
7. Kopi / Coffee
Kebiasaan minum kopi yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada lambung seperti sakit maag. Karena kadar kafein yang dikandungnya dapat meningkatkan kadar asam lambung. Karena itu sebaiknya berhenti atau mengurangi kebiasaan minum kopi dan menggantinya dengan minum teh.