Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup | Pengertian dan Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan serta definisinya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua buah kata yang mempunyai maksud hampir sama namun memiliki arti yang berbeda. Semua makhluk hidup atau organisme dalam hidupnya mengalami proses perubahan biologis. Perubahan tersebut terjadi disebabkan semua organisme mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan adalah peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran baik dalam bentuk ukuran volume, massa ataupun tinggi yang bersifat irreversible (Irreversibel).
Perkembangan adalah perubahan yang terjadi selama masa pertumbuhan menuju pada satu proses kedewasaan sehingga terbentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor-faktor dalam dan luar. Faktor dalam yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup antara lain adalah faktor genetik dan kecukupan gizi atau nutrisi yang dapat merangsang zat pengatur tumbuh. Faktor-faktor luar yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah faktor lingkungan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang perubahan biologis pada makluk hidup dapat di lihat pada tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.