Sifat-sifat Enzim

Sifat-sifat Enzim. Enzim memiliki sifat-sifat yang spesifik dan mempunyai ciri tertentu. Sifat-sifat enzim antara lain:

Sifat-sifat enzim

  1. Enzim merupakan Protein
    Karena itu enzim memiliki sifat seperti protein, yaitu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan (seperti suhu, pH, konsentrasi substrat). Jika lingkungannya tidak sesuai, maka enzim akan rusak atau tidak dapat bekerja dengan baik.
  2. Bekerja secara khusus/spesifik
    Setiap enzim memiliki sisi aktif yang sesuai hanya dengan satu jenis substrat, artinya setiap enzim hanya dapat bekerja pada satu substrat yang cocok dengan sisi aktifnya.
  3. Berfungsi sebagai katalis
    Enzim hanya mengubah kecepatan reaksi tetapi tidak ikut bereaksi. Enzim tidak mengubah produk akhir yang dibentuk atau mempengaruhi keseimbangan reaksi, hanya meningkatkan laju reaksinya saja. Dngan demikian energi yang dibutuhkan untuk menguraikan suatu substrat menjadi lebih sedikit.
  4. Diperlukan dalam jumlah sedikit
    Reaksi enzimatis dalam metabolisme hanya membutuhkan sedikit sekali enzim untuk setiap kali reaksi sesuai dengan fungsinya sebagai katalisator.
  5. Bekerja bolak-balik
    Enzim tidak mempengaruhi arah reaksi, sehingga dapat bekerja dua arah (bolak-balik). Artinya enzim dapat menguraikan substrat menjadi senyawa sederhana, dan sebaliknya enzim juga dapat menyusun senyawa-senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks.
Sengan sifat-sifat enzim seperti yang tersebut diatas, maka sangat jelaslah bahwa enzim merupakan suatu zat yang sangat penting dalam suatu proses metabolisme. Dan demi keefektifannya harus di jaga sedemikian rupa agar tetap bisa aktif dan bekerja secara maksimal.