Sistem Koloid | Pengertian dan Definisi

May 23rd, 2012 0 Comments
Pengertian dan definisi sistem Koloid. Sistem Koloid adalah suatu bentuk campuran dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang lebih besar dari larutan namun lebih kecil dari suspensi. Sistem koloid berhubungan dengan proses-proses yang terjadi di alam dan mencangkup segala bidang termasuk dalam tubuh makhluk hidup.
Koloid merupakan campuran yang memiliki 2 fase, yang keadaannya antara larutan dan suspensi, bersifat homogen dan heterogen, tidak dapat disaring dengan alat saring biasa serta tidak memisah jika di diamkan. Banyak sekali campuran di alam ini berhubungan dengan kita sehari-hari yang merupakan sistem koloid. Dari udara yang mengisi atsmosfer hingga isi perut kita. Contoh koloid yang paling sederhana adalah susu.

Susu putih yang dicampur dengan air akan menghasilkan campuran yang keruh. Campuran susu dan air sekilas merupakan campuran homogen tapi masih bisa di bedakan antara susu dan air. Secara makroskopis campuran ini tampak homogen. Akan tetapi, jika diamati dengan mikroskop ultra ternyata masih dapat dibedakan partikel-partikel lemak susu yang tersebar di dalam air. Campuran seperti inilah yang disebut koloid. Contoh campuran koloid yang lain adalah udara, cat,jelly, keju,baja, intan hitam dll.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Comments are closed.

Categories
Please Like yooo…