Suhu dan Alat Pengukur Suhu | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Suhu dan Alat Pengukur suhu. Suhu adalah ukuran panas-dingin suatu benda yang dinyatakan dalam suatu besaran suhu atau temperatur. Suhu didefiniskan sebagai besaran yang menyatakan ukuran derajat panas dan dinginnya suatu benda. Suhu merupakan salah satu jenis besaran pokok yang dalam Satuan Internasional (SI) di nyatakan dengan satuan oK (o Kelvin).

Alat Pengukur Suhu | Termometer

Alat pengukur suhu adalah alat yang digunakan untuk mengukur panas-dinginnya suatu benda. Secara tradisional unuk mengukur merasakan panas dinginnya suatu benda dapat dilakukan dengan menyentuhnya dengan telapak tangan, namun yang lebih sensistif lagi adalah dengan menggunakan siku. Namun telapak tangan bukanlah alat pengukur suhu yang efektif karena tidak dapat menentukan nilai suhu suatu benda. Untuk memenuhi kebutuhan itu, para ilmuwan menciptakan alat yang dapat mengukur suhu secara efektif yang disebut termometer. Tanpa alat, suhu hanya bisa dinyatakan dengan istilah panas untuk benda bersuhu tinggi diatas suhu ruangan, dan dingin untuk benda yang berada di bawah suhu ruangan. Dengan adanya alat pengukur suhu atau termometer, panas dan dingin suatu benda dapat dinyatakan dengan bentuk nilai. Suhu panas tertinggi berpatokan pada air mendidih yaitu 100oC dan suhu panas terendah didasarkan pada suhu beku air menjelang beku yaitu 0oC
Termometer atau alat pengukur suhu pada umumnya terbuat dari pipa kaca yag diisi dengan sejenis zat cair. Zat cair yang digunakan adalah zat cair yang dapat mengalami perubahan volume jika suhunya berubah. Zat cair yang sering digunakan untuk mengisi termometer adalah air raksa dan alkohol. Berdasarkan zat cair pengisinya, termometer terbagi menjadi dua, yaitu termometer air raksa dan termometer alkohol. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan termoter alkohol dan termometer air raksa dapat di baca di: Termometer Raksa dan Termometer Alkohol | Kelebihan dan Kekurangan. Sedangkan berdasarkan nilai skalanya, termometer di bedakan menjadi 4 jenis. Untuk mengetahui jenis-jenis termoter juga dapat di baca di Jenis-jenis Termometer.