Karbohidrat | FUNGSI dan MANFAAT KARBOHIDRAT

FUNGSI dan MANFAAT KARBOHIDRAT bagi makhluk hidup. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup terutama manusia. Semua aktivitas hidup membutuhkan energi yang secara ideal hanya bisa di penuhi oleh karbohidrat.  Karbohidrat berasal dari bahasa Yunani yang berarti gula. Karbohidrat ialah nutrien yang mengandung unsur Karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O) dalam jumlah tertentu yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuh-tumbuhan.

Fungsi dan Manfaat Karbohidrat

Karbohidrat mempunyai fungsi dan manfaat yang tidak tergantikan oleh zat makanan lain. Fungsi dan manfaat Karbohidrat antara lain:
1. Sebagai sumber energi atau Kalori
Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi atau kalori. Meski jumlah kalori yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat hanya 4 kalori dan masih kalah jauh dari kalori yang dihasilkan oleh lemak dan protein, namun karena karbohidrat sangat mudah diperoleh, stocknya banyak dan harganya relatif murah, maka karbohidrat menjadi zat makanan utama yang berfungsi sebagai sumber energi. Disamping itu beberapa golongan karbohidrat mengandung serat kasar (dietary fiber) yang berguna dalam melancarkan sistem pencernaan.
2. Mencegah timbulnya proses Ketosis
Karbohidrat berfungsi untuk mencegah timbulnya proses Ketosis. Ketosis adalah proses pemecahan protein yang dapat menghasilkan energi atau kalori. Jika kebutuhan energi tidak tercukupi, maka tubuh akan bereaksi untuk mensintesa protein demi memenuhi kebutuhan energi tersebut. Proses ketosis dalam tubuh akan menyebabkan ketidak seimbangan dalam tubuh tubuh yang disebut malnutrisi dimana fungsi utama protein sebagai zat pembangun dan pengganti / memperbaiki sel-sel tubuh akan terganggu.
3. Memberikan rasa Kenyang
4. Mengatur metabolisme lemak
5. Menguatkan rasa manis pada makanan
6. Pembentuk dan pelindung Sel, dll