Ternak Ruminansia

Ternak Ruminansia. Ternak ruminansia adalah hewan ternak yang pada sistem pencernaanya mempunyai alat pencernaan yang berbentuk rumen (perut besar). Berdasarkan susunan alat-alat pencernaanya hewan ternak dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu ternak berlambung tunggal dan ternak berlambung jamak. Kelompok ternak berlambung jamak inilah yang biasa di sebut sebagai ternak ruminansia.

Dalam rumen (perut besar) ternak ruminansia terdapat berjuta-juta mikroba yang hidup bersimbiosis dengan ternak inang dan sangat berguna dalam proses pencernaan. Dengan mikroba-mikroba tersebut, ternak Ruminansia mampu memanfaatkan bahan makanan berkadar serat tingi seperti rumput-rumputan dan dedaunan menjadi makanan utama.
Sistem pencernaan pada ternak ruminansia sangat istimewa. Dimama alat pencernaan pada ruminansia yang disebut dengan lambung memiliki 4 bagian yaitu: rumen, reticulum, omasum dan abomasum. Yang termasuk jenis hewan ternak ruminansia antara lain adalah : kambing, sapi, kerbau, dll. BKPM Politani Unila 1996/1997