Jenis-jenis Huruf dalam Bahasa Indonesia | Macam-macam Huruf

Jenis-jenis dan macam-macam Huruf dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia setidaknya ada empat jenis huruf yang patut untuk diketahui. Keempat huruf tersebut merupakan hurup-hurup yang digunakan dalam setiap kata yang digunakan pada suatu kalimat. masing masing dari ke empat huruf tersebut mempunyai ciri dan keistimewaan masing-masing. Baik dalam hal penulisan maupun dalam hal pengucapan. Jenis-jenis huruf dalam bahasa Indonesia tersebut antara lain:

1. Huruf Abjad
Huruf abjad adalah huruf yang digunakan dalam ejaan bahasa Indonesia yang telah disempurnakan. Huruf abjad terdiri dari 26 abjad. Berikut ini daftar huruf-huruf abjad dan nama serta cara penyebutannya.
Huruf Nama Huruf Nama Huruf Nama
A a
B b
C c
D d
E e
F f
G g
H h
I i
A
be
ce
de
e
ef
ge
ha
i
J j
K k
L l
M m
N n
O o
P p
Q q
R r
je
ke
el
em
en
o
pe
ki
er
S s
T t
U u
V v
W w
X x
Y y
Z z
es
te
u
ve
we
eks
ye
zet
2. Huruf Konsonan
Huruf Konsonan disebut juga hurup mati. Huruf konsonan adalah bunyi ujaran akibat adanya udara yang keluar dari paru-paru mendapatkan hambatan atau halangan. Jumlah huruf konsonan ada 21 buah, yaitu b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z.
3. Huruf Vokal
Huruf vokal disebut juga huruf hidup. Huruf Vikal adalah bunyi ujaran akibat adanya udara yang keluar dari paru-paru tidak terkena hambatan atau halangan. Jumlah huruf vokal ada 5, yaitu a, i, u, e, dan o.
4. Huruf Diftong
Huruf Diftong disebut juga huruf vokal rangkap. Huruf Diftong adalah gabungan dua buah huruf vokal yang menghasilkan bunyi rangkap. Dalam Bahasa Indonesia huruf diftong berbentuk ai, au, dan oi. Contoh : Bangau, Pakai, Sengau, Perangai, dsb.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)