Vaksin dan Vaksinasi | Pengertian dan Definisi

July 4th, 2012 0 Comments
Pengertian dan definisi Vaksin dan Vaksinasi. Vaksin adalah senyawa antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif danmeningkatkan imunitas tubuh terhadap suatu penyakit sehingga tubuh dapat segera membuat antibodi yang di kemudian hari dapat mencegah atau kebal dari penyakit tersebut. Vaksinasi adalah suatu usaha memberikan vaksin tertentu ke dalam tubuh untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit melalui suntikan.

Vaksin diciptakan dari tahun 1796 yang digunakan Edward Jenner untuk cacar sapi (Latin variola vaccinia, diadaptasi dari bahasa Latin Vaksin-kita, dari Vacca, sapi), untuk menyuntik manusia, memberikan mereka perlindungan terhadap cacar. Vaksin yang paling terkenal adalah vaksin cacar, polio, dll. Vaksin terbuat dari virus yag telah dimatikan atau “dilemahkan” dengan menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti formalaldehid, thymerosal dan lainnya. Vaksin dapat juga berupa organisme mati atau hasil-hasil pemurniannya seperti dalam bentuk protein, peptida, partikel serupa virus, dsb.
Vaksin dapat berupa profilaksis untuk mencegah atau memperbaiki efek dari infeksi masa depan oleh patogen “liar” alami atau terapeutik misalnya vaksin terhadap kanker juga sedang diselidiki. Vaksin tidak menjamin perlindungan penuh terhadap penyakit. Kadang-kadang, hal ini terjadi karena sistem kekebalan inangnya tidak merespon secara memadai atau sama sekali. Hal ini mungkin karena menurunkan kekebalan pada umumnya (diabetes, penggunaan steroid, infeksi HIV, usia) atau karena sistem kekebalan inang tidak memiliki sel B mampu menghasilkan antibodi terhadap antigen itu.
Vaksin dan vaksinasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan cacat dan kematian.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Comments are closed.

Categories
Please Like yooo…