Sendi dan Macam-macam Sendi

Sendi dan macam-macam sendi. Sendi adalah penghubung dua tulang agar bisah di gerakkan. Sendi seperti engsel pintu yang menjadi penghubung antara rangka pintu dan daun pintu. Tanpa engsel, pintu tidak akan dapat di buka dan di tutup. Begitu pula fungsi sendi bagi tulang. Dengan adanya sendi sambungan dua tulang bisa di gerakan. Berikut ini adalah macam-macam sendi yang didasarkan pada kemampuannya bergerak.

Macam-macam Sendi

1. Sendi engsel, adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel pintu yang hanya bisa di buka dan ditutup. Contoh sendi engsel adalah pada bagian lutut kaki dan siku tangan.
2. Sendi Pelana, adalah sendi yang dapat digerakan ke dua arah yaitu ke samping dan ke depan. Contoh sendi pelana adalah sendi yang menghubungkan tulang pangkal ibu jari dan tulang pertama pergelangan tangan.
3. Sendi Putar, adalah tulang yang salah satu tulangnya dapat berputar mengelilingi tulang yang lain yang bertindak sebagai porosnya. Contoh sendi putar adalah sendi yang menjadi penghubung antara tulang leher pertama dengan tulang leher ke dua.
4. Sendi Peluru, adalah sendi yang merupakan pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkok. Sendi ini dapat di putar ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah sendi yang menghubungkan tulang paha dengan tulang panggul, sendi yang mengubungkan tulang lengan atas dengan tulang gelang bahu.
5. Sendi Geser, adalah sendi yang hanya memungkinkan sedikit gerakan. Contoh sendi geser adalah sendi yang terdapat pada delapan tulang pergelangan tangan.