Bunga Rafflesia arnoldii | Puspa Nasional Indonesia dari Bengkulu

Bunga Rafflesia arnoldi disebut juga bunga Rafflesia titan atau bunga padma raksasa. Bunga RAFFLESIA ARNOLDI merupakan salah satu dari 3 puspa nasional Indonesia. Selain menjadi salah satu dari bunga nasional, Rafflesia arnoldii juga menjadi flora identitas provinsi Bengkulu.

ciri bunga raflesia arnoldi Rafflesia arnoldii atau padma raksasa yang merupakan tanaman endemik Sumatera merupakan satu dari sekitar 30-an jenis Rafflesia yang ditemukan di Asia Tenggara, mulai dari semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina. Dinamakan padma raksasa lantaran ukuran bunganya yang mampu mencapai diameter 100 cm dengan berat 10 kg.
Tubuhan yang ditetapkan sebagai puspa langka ini tidak memiliki batang, daun, maupun akar yang sebenarnya. Tumbuhan ini hidup secara endoparasit pada tumbuhan inangnya. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima.
Sampai saat ini Rafflesia arnoldii tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup. Mungkin lantaran hal ini yang kemudian menjadi dasar pertimbangan sehingga padma raksasa ditetapkan sebagai puspa langka Indonesia. Bersama melati putih (puspa bangsa) dan anggrek bulan (puspa pesona), Rafflesia arnoldii menjadi bunga nasional Indonesia.
Rafflesia arnoldi sering disamakan dengan bunga bangkai Amorphpophallus titanium. Padahal keduanya adalah bunga yang berbeda.  Untuk mengetahui lebih jelas tentang bunga Rafflesia arnoldi silahkan baca:  Ciri-ciri bunga Rafflesia arnoldi

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)