Cara membuat Nasi Bakar | Macam-macam Nasi Bakar

Cara membuat Nasi Bakar. Nasi bakar adalah masakan yang menu pokoknya terdiri dari nasi dan bebrapa jenis lauk pauk  yang dibungkus dalam daun pisang lalu dibakar hingga daunnya kering. Nasi bakar banyak sekali jenisnya dan biasanya di sebut berdasarkan jenis lauknya yang paling dominan. Beberapa macam nasi bakar antara lain adalah:

Macam-macam Nasi Bakar
  1. Nasi Bakar Ayam Pedas
  2. Nasi Bakar Opor daging
  3. Nasi Bakar Telur asin
  4. Nasi Bakar isi ayam
  5. Nasi Bakar Peda, dll
Selain itu biasanya Nasi Bakar juga diberinama dengan menggunakan nama daerah, seperti:
  1. Nasi Bakar Jakarta
  2. Nasi Bakar Manado
  3. Nasi Bakar Medan, dll
Masing-masing Nasi Bakar yang disebutkan diatas memiliki keistimewaan masing-masing.  Namun yang paling penting adalah cara mengolah menu utamanya yaitu nasi. Nasi yang akan di gunakan sebagai bahan nasi bakar dapat berdasarkan cara membatnya dapat di bedakan menjadi 2, yaitu:
  • Nasi Bakar Sederhana
  • Nasi Bakar bumbu Lengkap
Nasi Bakar sederhana biasanya nasi yang digunakan untuk masakan nasi bakar adalah nasi biasa atau nasi mentega. Sedangkan untuk nasi bakar bumbu lengkap artinya adalah nasi yang akan di gunakan sebagai nasi bakar sebelumnya sudah di bumbui terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara membuat Nasi Bakar
1. Nasi Bakar Sederhana
Bahan baku nya: adalah beras dan mentega. Caranya: masak nasi hingga masak. Lalu campur nasi panas yang baru diangkat dengan mentega.
2. Nasi Bakar bumbu komplit
Bahan bakunya antara lain: 1 kgr beras,  1 sdm garam, 6 lbr daun salam, 4 btg sereh, 1,2l santan, 100 gr bawang merah iris, 2 sdt kaldu bubuk, 12 sdm minyak untuk menumis. (atau konversikan takaran sesuai selera anda)
Cara membuatnya: panaskan minyak, lalu tumis bawang merah hingga harum, kemudian tuang santan, dan masukan daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk.  Masak campuran bumbu tadi hingga mendidih. Lalu masukkan beras. Aduk rata dan biarkan hingga menjadi nasi aron. Lau kukus hingga matang.
Nasi yang telah selesai di buat segera dapat digunakan sebagai menu utama nasi bakar yang lauk dominannya tergantung pada selera anda.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)