Kaidah Genggaman Tangan Kanan | Menentukan arah medan Magnet

Kaidah genggaman tangan kanan disebut juga kaidah tangan kanan atau kaidah sekrup putar kanan. kaidah tangan kanan ini adalah sebuah kaidah yang digunakan untuk menunjukan arah medan magnet. Untuk mengamati bentuk medan magnet di sekitar penghantar lurus, lewatkan penghantar itu pada sehelai karton yang disekitarnya ditaburi serbuk besi. Apabila kertas diketuk, ternyata serbuk besi akan membentuk pola lingkaran sepusat dengan penghantar itu sebagai pusatnya. Hal ini menunjukkan bahwa medan magnet disekitar penghantar lurus berarus listrik berkaidah genggaman tangan kananbentuk lingkaran sepusat dengan penghantar itu sebagai pusatnya. Hasil percobaan inilah yang kemudian memunculkan kaidah genggaman tangan atau kaidah tangan kanan atau kaidah sekrup putar kanan yang berfungsi untuk menentukan arah medan magnet.
Untuk menentukan arah medan magnet dapat dilakukan dengan menggunakan 2 kaidah yaitu kaidah tangan kanan dan kaidah sekrup putar kanan dengan ketentuan seperti dibawah ini:
1. Untuk menentukan arah medan magnet  dengan Kaidah genggaman tangan kanan atau kaidah tangan kanan, memiliki ketentuan ketentuan :
  • arah ibu jari menunjukkan arah arus listrik.
  • arah lipatan jari yang lain menunjukkan arah medan magnet
2. Untuk menentuka arah medan magnet dengan kaidah sekrup putar kanan memiliki ketentuan:
  • arah putaran sekrup menunjukkan arah medan magnet.
  • arah maju/mundurnya sekrup menunjukkan arah arus listrik
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)