Flashdisk Write Protected | Cara memperbaiki Disk Write Protected

Flashdisk Write Protected adalah kondisi dimana sebuah flashdisk tidak bisa digunakan untuk menyimpan data ataupun untuk di format ulang. Biasanya jika flashdisk write protected kita hubungkan ke laptop atau komputer maka akan muncul dialog yang mengatakan bahwa flashdisk write procteted atau disk write protected atau the media write protected. Jika sudah begitu apapun yang anda inginkan seperti mengedit, menghapus, dan menambah data, tidak akan bisa dilakukan. Hal tersebut menunjukan kalau flashdisk Anda bermasalah dan telah di blokir oleh oleh OS. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut ini adalah beberapa penyebab fkashdisk mengalami write protected dan cara memperbaikinya.

Penyebab Flashdisk Write Protected

Penyebab flashdisk mengalami write protected biasanya di karenakan oleh 2 hal, yaitu:
  • Virus
  • Memutus koneksi flashdisk dari komputer tanpa melalui prosedur yang benar
Biasanya begitu OS komputer mendeteksi ada virus didalam flashdisk, komputer akan melakukan scanning secara otomatis, namun ada juga komputer yang mengambil langkah ekstrim yaitu langsung memblokir media yang bersangkutan. Begitu pula jika anda mencopot koneksi flashdisk tidak melalui prosedur yang benar, maka flashdisk akan mengalami shock dan langsung bermasalah yang salah satunya menyebabkan flashdisk write protected. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki flashdisk write protected?

Cara memperbaiki Flashdisk write protected secara manual

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki flashdisk write protected yaitu dengan menggunakan software dan secara manual. Berikut ini adalah cara membuka flashdisk write protected secara manual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol Window + R secara bersamaan
  • Ketik kata REGEDIT pada kotak dialog yang tersedia lalu klik OK
  • Setelah muncul kotak dialog baru tekan Ctrl+F
  • Ketik kata WRITE PROTECTED pada kotak pencarian, lalu klik Find Next
  • Setelah ketemu kata Write Protected, lakukan klik kanan tepat pada kata tersebut, lalu pilih delete
  • Jika muncul dialog konfirmasi klik YES
  • Write protected sudah terhapus dan flashdisk Anda kembali ke kondisi semula.
  • Tutup dialog Registri Editor, cabut flashdisk lalu restart komputer Anda
Setelah langkah-langkah diatas selesai dengan sempurna, biasanya anda sudah bisa menggunakan flashdisk anda kembali karena kode write protectednya sudah terhapus. Jika tetap tidak bisa, gunakan cara kedua yaitu menggunakan software.

Cara memperbaiki Flashdisk write protected dengan Software

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mendownload sofwarenya di sini. Setelah itu hubungkan flashdisk anda ke komputer. Jalankan file Exe hasil download, lalu klik format dan selesai. Biasanya cara ini lebih banyak suksesnya.