Fungsi Peta

Fungsi Peta. Peta, baik peta umum ataupun peta khusus dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan kepentingan. Contohnya peta topografi, dapat dijadikan sebagai alat peraga yang efektif di dunia pendidikan. Dengan adanya peta topografi kita dapat mengetahui bentuk dan kenampakan aspek-aspek alam dan segala suatu yang ada di permukaan bumi, baik aspek alami maupun sosial ekonomi.

Peta khusus juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Contohnya adalah peta curah hujan dapat digunakan untuk mengetahui besar-kecilnya curah hujan di berbagai tempat. Peta penyebaran penduduk dapat digunakan untuk melihat daerah mana yang mempunyai populasi penduduk terpadat atau terjarang. Peta penyebaran hasil tambang, dapat digunakan untuk mengetahui berbagai jenis hasil tambang yang dimiliki oleh suatu negara beserta lokasinya. Intinya peta dapat digunakan  diberbagai bidang dan dapat menjadi sumber informasi yang penting, padat dan akurat. Berikut ini adalah beberapa fungsi peta yang dapat kita ambil manfaatnya:

Fungsi Peta

  1. Sebagai petunjuk arah atau posisi
  2. Sebagai alat untuk menentukan letak suatu lokasi, kawasan, atau daerah
  3. Sebagai alat untuk mengetahui keadaan fisik suatu daerah seperti bentuk permukaan, iklim, jenis tanah, curah hujan, ketinggian, dll
  4. Sebagai alat untuk mengetahui luas suatu wilayah dan keadaan sosiografisnya seperti penyebaran penduduk, kepadatan penduduk, tata guna lahan, dll.
  5. Sebagai alat untuk menerangkan sasaran suatu wilayah baik untuk keperluan sipil, militer ataupun bidang ilmiah lainnya.

Untuk dapat membaca suatu peta dengan baik dan benar, maka pembaca peta harus mengetahui arti dari simbol dan unsur-unsur yang terdapat pada peta.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)