Reproduksi Sel dan macam-macam jenis pembelahan sel. Reproduksi sel adalah perbanyakan jumlah sel. Sel ber-reproduksi dengan cara membelah diri. Sel adalah bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup, baik itu hewan, tumbuhan ataupun manusia. Semua jenis sel selalu ber reproduksi dengan cara membelah diri. Proses pembelahan diri itu merupakan cara agar sel dapat tumbuh dan berkembang.  Sel yang membelah diri disebut sel induk, sedangkan sel hasil pembelahan diri disebut sel anak. 

Dalam proses pembelahan diri, sel induk memindahkan salinan informasi genetiknya (DNA) ke sel anak. Untuk menyampaikan informasi genetik tersebut tentu sel induk harus melipat gandakan informasi genetik yang dimilikinya (DNA) melalui replikasi DNA (duplikasi DNA) sebelum melaksanakan pembelahan atau reproduksi sel. Karena itu dalam proses reproduksi sel ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum akhirnya sel berhasil membelah diri. Kecuali pada hewan bersel tunggal, proses pembelahan diri berlangsung tanpa tahapan. Berdasarka ada tidaknya tahap-tahap pembelahan sel, reproduksi sel dibedakan menjadi 3.

Jenis-jenis Pembelahan Sel | Macam-macam Pembelahan Sel 

1. Pembelahan Amitosis
Pembelahan amitosis adalah reproduksi sel di mana sel membelah diri secara langsung atau spontan tanpa melalui tahap-tahap pembelahan sel. Pembelahan cara ini banyak dijumpai pada sel-sel yang bersifat prokariotik, misalnya pada bakteri, ganggang biru atau organisme bersel tunggal seperti Amoeba.
2. Pembelahan Mitosis
Pembelahan mitosis adalah cara reproduksi sel dimana sel membelah melalui tahap-tahap yang teratur. Pembelahan sel mitosis terjadi pada organisme multiseluler seperti pada sel hewan, sel tumbuhan dan sel manusia. Tahap-tahap  pembelahan sel atau yang disebut fase meliputi:
  • Tahap Profase / Fase Profase
  • Tahap Metafase / Fase Metafase
  • Tahap Anafase / Fase Anafase
  • Tahap Telofase. / fase Telofase
Antara tahap telofase ke tahap profase berikutnya terdapat masa istirahat sel yang dinamakan Interfase. Pada tahap interfase inti sel melakukan sintesis bahan-bahan inti.
3. Pembelahan Meiosis
Pembelahan Meiosis disebut juga Pembelahan Reduksi.  Pembelahan Meiosis terjadi dalam kelenjar kelamin. Pada pembelahan Meiosis reproduksi sel terjadi melalui tahap-tahap pembelahan sel seperti pada pembelahan mitosis, hanya saja dalam prosesnya terjadi pengurangan (reduksi) jumlah kromosom menjadi setengahnya. Pada pembelahan Meiosis terdapat dua tahap besar yang dikenal dengan istilah Meiosis I dan Meiosis II . Lalu kemudian dari kedua tahap besar tersebut masing-masing terbagi lagi  menjadi tahap-tahap seperti pada pembelahan mitosis.