Manfaat dan khasiat Bungga Rosella. Manfaat bunga Rosella untuk kesehatan ternyata sangat banyak, diantaranya adalah untuk detoksifikasi, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan dan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dll. Manfaat bunga Rosella yang begitu banyak telah membuat tanaman cantik yang didominasi warna merah ini menjadi populer sebagai herbal alami. Manfaat bunga rosella bisa di peroleh jika bunga rosella di konsumsi secara rutin dan teratur. Untuk keperluan itu biasanya, bungga rosella di olah menjadi teh.

Bunga rosella atau Hibiscus sabdariffa dikenal didunia dalam berbagai nama, seperti di Pranciss bunga rosella dikenal dengan nama  Oseille Rouge, di Spanyol bunga Rosella dikenal dengan sebutan Quimbombo Chino, di India barat sebagai Jamaican Sorell, di Afrika utara sebagai Karkade, dll. Di Indonesia sendiri rosella juga dikenal dengan berbagai nama sebutan. Di Jawa Tengah misalnya bunga Rosella disebut sebagai hijau mrambos, Asam Jarot untuk masyarakat padang, di Muara enim disebut Asam Rejang, dll.
Bunga Rosella memiliki kandunga gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat gizi yang terkandung dalam bunga rosella antara lain adalah:
  • Vitamin A, B1, B2, C, D, beta karoten, asam lemak esensial DHA dan Omega 3
  • Mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi,
  • Anti oksidan dan zat tanin seperti antosianin
Kadar vitamin dalam bungga rosella cukup tinggi yaitu antara 260-280 mg dalam setiap 100 gram rosella kering. Kandungan kalsiumnya lebih tinggi lagi yaitu 486 mg. Selain itu bunga rosella juga memiliki kadar anti oksidan yang lebih tinggi dari tanaman kumis kucing. Dari suatu studi juga diketahui bahwa jika anda minum teh bunga rosella secara teratur, akan dapat menurunkan tekanan hipetensi yang menyebabkan leher menjadi tegang dan kaku. Selain itu teh bunga rosella dapat juga mengobati penyakit susah tidur.
Karena manfaat bunga rosella yang sangat banyak, saat ini bermuncullan produk-produk teh rosella dengan berbagai manfaat berlipat ganda seperti teh bunga rosella juga dapat menghaluskan kulit dan mengurangi keriput di wajah. Mengkonsumsi bunga rosella juga baik untuk anak – anak karena mengandung omega 3 yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan syaraf otak dan alat pengelihatan. Jika anda menanam sendiri tanaman rosella dan ingin mengolahnya menjadi teh, silah baca cara mengolah bungga Rosella di sini