Makanan Sumber Vitamin B1 Thiamin. Vitamin B1 Thiamin adalah salah satu jenis vitamin yang temasuk dalam vitamin B-Compleks. Seperti kebayakan vitamin B-compleks lainnya, vitamin B1  juga tergolong vitamin yang larut dalam air. Karena tergolong dalam vitamin yang larut dalam air, maka vitamin B1 dapat konsumsi secara teratur sehingga kebutuhan tubuh dapat tercukupi dengan baik. Hingga kini belum ada kasus kelebihan vitamin B1, karena biasanya kadar yang berlebih akan terbuang dengan sendirinya melalui sistem ekresi tubuh seperti melalui urine dan keringat.

Sumber vitamin B1 thiamin yang paling banyak adalah dari bahan pangan nabati atau makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan terutama pada jenis kacang-kacangan (leguminosa). Namun begitu ada juga sebagian kecil sayuran hijau dan biji-bijian yang juga mengandung vitamin B1 Thiamin. Beberapa makanan dari hewan juga ada yang mengandung vitamin B1 thiamin. Meski jumlahnya tidak banyak, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B1 thiamin dan dengandiet yang seimbang.

Berikut ini adalah berapa makanan sumber vitamin B1 Thiamin.

1. Sumber Vitamin B1 Thiamin yang berasal dari hewan

Sumber makanan hewani yang dikatehui paling banyak mengandung Vitamin B1 Thiamin adalah hati dan daging babi, hati sapi, hati domba, kuning telur, ikan.

2. Sumber vitamin B1 Thiamin berasal dari tumbuhan

Sumber makanan nabati yang diketahui paling banyak mengandung Vitamin B1 Thiamin antara lain adalah gandum, ragi, kacang merah, kacang merah, asparagus, jamur, bayam, terong, brussel, tuna, biji bunga matahari dan tomat.

Makanan sumber vitamin B1 thiamin diatas jika dikonsumsi sehari-hari akan sangat berkhasiat untuk menjaga asupan vitamin B1 thiamin yang dbutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga kualitas vitamin yang ada dalam makanan, hendakya jangan menyimpan makanan-makanan tersebut terlalu lama dalam kulkas karena  akan merusak kandungan vitamin B1 di dalamnya.