Unsur-unsur Cuaca dan Iklim | Faktor yang mempengaruhi Cuaca dan Iklim

Unsur-unsur Cuaca dan Iklim. Unsur-unsur cuaca dan iklim adalah faktor-faktor yang mempengaruhi cuaca dan iklim. Cuaca dan iklim adalah hampir sama, yaitu keadaan udara pada suatu tempat dan pada suatu waktu. Perbedaannya antara cuaca dan Iklim adalah pada tempat dan waktunya. Iklim waktunya sangat lama dan meliputi daerah atau wilayah yang sangat luas, sedangkan cuaca waktunya sangat singkat dan hanya mencangkup daerah yang sempit.  Keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu dipengaruhi oleh faktor-faktor penting yang disebut unsur. Unsur-unsur yang mempengaruhi cuaca dan iklim adalah sama, yaitu:

Unsur-unsur Cuaca dan Iklim

1. Temperatur dan Suhu

Temperatur dan suhu udara sangat dipengaruhi oleh tiga faktor, yaiyu:

  • Tinggi rendahnya suatu tempat
  • Jarak suatu tempat dari pantai
  • Penyerapan sinar matahari oleh permukaan bumi

Artinya, semakin tinggi suatu wilayah, semakin rendah temperatur udaranya. Semakin dekat suatu tempat dari pantai, semakin tinggi suhu udaranya. Semakin banyak sinar yang diserap permukaan bumi maka temperatur udara menjadi rendah. Semakin banyak sinar matahari yang dipantulkan kembali keangkasa, maka suhu udara akan semakin panas (efek rumah kaca).

2. Tekanan udara

Tekanan udara terhadap permukaan bumi dipengaruhi oleh tinggi rendahnya suatu tempat dar permukaan laut. Semakin tinggi tempat dari permukaan laut, semakin rendah tekanan udaranya. Semakin rendah suatu tempat dari permukaan laut maka semakin tinggi tekanan udaranya. Tekanan udara juga di pengarui oleh suhu. Daerah yang panas mempunyai tekanan udara yang rendah, sedangkan daerah yang dingin memiliki tekanan udara yang relatif lebih tinggi. Perbedaan tekanan udara antara suatu tempat dengan tempat yang lainnya inilah yang kemudian menyebabkan udara bergerak yang kemudian di sebut sebagai angin.

3. Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Udara selalunya bergerak dari tempat yang mempunyai tekanan udara tinggi ke tempat yang bertekanan udara rendah. Angin juga bergerak dari tempat yang dingin ke tempat yang panas.

4. Kelembaban udara

Kelembaban udara adalah kandungan uap air yang ada dalam udara. Kandungan uapa air dalam udara akan berpengaruh terhadap pembentukan awan yang akan menyebabkan turunnya hujan. Semakin tinggi kelembaban udara maka awan yang terbentuk akan semakin banyak maka kemungkinan akan turun hujan akan semakin tinggi. Tinggi rendahnya kelembaban udara di pengaruhi oleh suhu dan intensitas cahaya matahari.

5. Curah hujan

Curah hujan di pengaruhi oleh kelembaban udara dan suhu. Banya sedikitnya curah hujan yang terjadi di suatu wilayah akan berpengaruhi terhadap keadaan cuaca dan iklim di daerah tersebut. Curah hujan yang tinggi akan menyebabkan udara menjadi basah karena banyak mengandung uap air, begitu pula sebaliknya.

6. Arah dan kecepatan angin

Arah dan kecepatan angin dipengaruhi besar kecilnya perbedaan tekanan di suatu wilayah atau daerah. Seperti telah di sebutkan sebelumnya bahwa terbentuknya angin adalah akibat dari adanya perbedaan tekanan. Jika perbedaan tekanan itu sangat besar, maka aliran angin akan semakin cepat, begitu pula sebalinya.