Tari sembah Sigeh Penguten | Tari tradisional Lampung

Tari sembah Sigeh Penguten. Tari sembah Sigeh Penguten adalah tari tradisional indonesia yang berasal dari propinsi lampung. Tarian ini pada awalnya bernama tari sembah. Namun terlah begitu banyak jenis tarian sembah, maka untuk membedakannya kemudian di bakukan menjadi tari Sigeh Penguten. Namun pada perjalanannya akhirnya di kenal dengan istilah tari sembah sigeh penguten.

Tari sembah Sigeh Penguten merupakan tari adat budaya lampung yang berasal dari suku pepadun. Semula tarian ini di persembahkan  untuk menyambut kedatangan para raja dan tamu-tamu istimewa. Sebagai cara menunjukan keramahan dan penghormatan. Mungkin karena hal ini kemudian tari sembah sigeh penguten identik sebagai tari penyambutan. Selain diperagakan diupacara-upacara adat serta upacara penyambutan tamu agung, tari sembah juga sering di peragakan di acara pernikahan adat Lampung, fungsinya tetap sama yaitu sebagai upacara penyambutan untuk para tamu ytari sigeh pengutenang hadir di acara tersebut.
Sebagai sebuah tarian daerah, tari sembah Sigeh penguten dalam setiap penampilannya sangat menonjolkan ciri-ciri budaya adat istiadat lampung. Terutama dalam busana yang dikenakan oleh para penari. Busana yang dikenakanoleh para penari adalah busana asli daerah seperti yang dikenakan pengantin wanita asli suku Lampung lengkap dengan siger dan tanggainya. Untuk mengetahui secara detail busana yang dikenakan para penari sigeh penguten silah di lihat di SINI

Tari sembah Sigeh penguten merupakan cagar budaya yang harus ditradisikan dalam masyarakat agar kelestariannya terjaga. Pemda lampung telah memulai inisiatif pelestarian seni budaya tari sembah ini dengan melakukan penataran dan pelatihan bagi kader-kader tari sembah yang diharapkan dapat menjaga kelestariannya. Salah satu bentuk kongrit dari pelestarian tari sembah sigeh penguten adalah melalui pentradisian tari sembah sigeh penguten yang dilakukan di sekolah SDN 02 Purajaya, Kebon Tebu, Lampung Barat. Untuk mengetahui lebih detail tentang cara mentradisikan tari sembah Sigeh Penguten, dapat dilihat di SINI.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)