Bagian-bagian Mulut dan Fungsinya

Bagian-bagian Mulut. Secara garis besar, didalam rongga mulut terdapat 3 bagian yang komponen penting dalam proses pencernaan. Yaitu Gigi, Lidah dan air ludah. Masing-masing bagian mulut yang tersebut diatas, yaitu gigi, lidah dan air ludah mempunyai fungsi yang sangat penting dalam membantu proses pencernaan. Untuk mengetahui bagian-bagian mulut dan fungsinya, silah baca artikel dibawah ini.

Bagian-bagian Mulut dan Fungsinya

Bagian-bagian mulut dan fungsinya antara lain adalah:

1. Gigi
Gigi adalah bagian mulut yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Gigi berbentuk seperti tulang, kecil-kecil, berwarna putih dan tersusun rapi menutupi lubang mulut jika dikatupkan.

2. Lidah
Lidah adalah bagian mulut yang berfungsi untuk membolak-balik makanan saat dikunyah. Fungsi lidah yang lain adalah sebagai alat pengecap makanan dan untuk membantu menelan makanan yang sudah lumat. Lidah berbentuk pipih memanjang dengan bintil-bintil dipermukaannya yang berfungsi sebagai alat perasa.

3. Air Ludah
Air ludah adalah bagian dalam mulut yang berfungsi sebagai minyak pelumas. Saat dikunyah oleh gigih dan dibolak-balik oleh lidah, makanan di basahi oleh airludah agar menjadi licin dan mudah ditelan. Air ludah juga mengandung enzim ptialin atau amilase yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat secara kimiawi dan merubahnya menjadi zat gula yang lebih sederhana.

Dengan kerja sama antara bagian-bagian mulut diatas maka proses pencernaan dapat berjalan dengan baik dan lancar sebelum di telan dan dikirim ke lambung melalui kerongkongan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)