Fungsi alat-alat Pencernaan pada Manusia

Fungsi alat-alat pencernaan pada manusia. Setiap alat pencernaan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi  untuk menghancurkan makanan, ada yang berfungsi untuk menghaluskan makanan, ada juga yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan. Berikut ini adalah fungsi alat-alat pencernaan makanan pada manusia.

Fungsi alat-alat pencernaan makanan

1. Mulut
Mulut berfungsi sebagai tempat masuknya makanan. Dalam mulut terdapat gigi dan lidah. Fungsi alat pencernaanGigi berfungsi untuk menghancurkan makanan, sedangkan lidah berfungsi untuk mengaduk dan membolak balik makanan.

2. Kerongkongan
Kerongkongan berfungsi untuk menghubungkan lambung dan mulut. Pada kerongkongan makanan di dorong menuju lambung dengan gerak peristaltik.

3. Lambung
Lambung berfungsi untuk menampung makanan sebelum kemudian makanan akan di proses secara enzimatis.

4. Usus Halus
Usus halus berfungsi sebagai tempat mencerna dan penyerapan nutrisi atau sari-sari makanan. Dalam usus halus terjadi 2 proese pencernaan, yaitu proses pencernaan secara kimiawi dan proses penyerapan makanan.

5. Usus Besar
Usus besar berfungsi sebagai tempat untuk menampung sisa-sisa zat makanan. Pada usus besar sisa-sisa zat makanan akan mengalami pembusukan. Pembusukan zat sisa makanan pada usus besar dibantu oleh sejenis bakteri yang disebut E.Coli.

6. Anus
Anus berfungsi sebagai lubang pembuangan sisa-sisa zat makanan yang telah mengalami pembusukan baik yang berupa gas ataupun padatan. Zat sisa yang berupa padatan di sebut sebagai tinja. Sedangkan zat sisa yang berupa gas disebut sebagai kentut.  Anus merupakan bagian terakhir pada saluran pencernaan yang di mulai dari mulut.