Macam-macam Gigi dan Fungsinya

Macam-macam Jenis Gigi dan Fungsinya. Macam-macam gigi dibedakan berdasarkan bentuk dan fungsinya. Gigi tertanam pada rahang dan diperkuat oleh gusi. Fungsi gigi adalah secara umum gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk kedalam rongga mulut. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

Jenis-jenis Gigi dan fungsinya

Jenis-jenis gigi dan fungsinya adalah seperti yang tertulis dibawah ini:

1. Gigi Seri

Gigi seri letaknya di bagian depan atas dan bawah. Gigi seri jumlahnya 8 buah, empat buah terletak diatas dan 4 buah lagi terletak dibagian bawah. Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan.

2. Gigi Taring

Gigi taring letaknya di bagian tepi antara gigi seri dan gigi geraham. Jumlahnya 4 buah, 2 di sisi kanan dan kiri gigi seri atas dan 2 lagi di bagian sisi kanan dan kiri gigi seri bawah. Gigi Taring berfungsi untuk mengoyak makanan.

3. Gigi Geraham

Gigi geraham letakanya di bagian dalam, yaitu di belakang daging pipi. Gigi geraham dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu geraham depan dan geraham belakang. Geraham depan berjumlah 4 buah yang masing-masing terletak setelah gigi taring. Sedangkan geraham dalam berjumlah 16 buah, yaitu 8 di bawah dan 8 lagi diatas. dan letaknya dibagian dalam mulut setelah gigi geraham depan. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengunyah makanan.