Mulut | Alat Pencernaan pada Manusia

Alat Pencernaan pada Manusia: Mulut. Mulut merupakan alat pencernaan yang pertama. Dari mulutlah proses pencernaan di mulai. Mulut mempunyai fungsi yang sangat kompleks bagi kelangsungan hidup manusia. Selain sebagai alat pencernaan, mulut juga berfungsi sebagai tempat keluarnya suara, saluran pernafasan alternatif dan juga tempat pengeluaran. Dengan fungsinya yang begitu beragam dan sangat penting dalam menunjang kehidupan seseorang, maka mulut dapat di kategorikan sebagai salah satu organ vital sekunder manusia.

Dalam sistem pencernaan, mulut berfungsi sebagai tempat masuknya makanan. Pada manusia normal, makanan masuk kedalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah dan air liur yang juga merupakan bagian dari mulut. Gigi, lidah dan aitr ludah merupakan komponen pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan secara mekanis. Pencernaan mekanis adalah salah satu dari proses pencernaan makanan, yaitu dengan cara mengunyah makanan oleh gigi yang dibantu oleh lidah dan air ludah.

Didalam mulut juga terdapat enzim pencernaan yang terkandung dalam air ludah. Yaitu enzim Ptialin. Enzim ptialin disebut juga enzim amilase yaitu sejenis enzim yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi zat gula. Untuk mengetahui bagian-bagian mulut secara lebih detail silah baca artikel ini.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)