Sistem Respirasi Manusia | Alat-alat Pernafasan dan Fungsinya

Sistem Respirasi dan alat-alat Pernafasan pada Manusia. Sistem Respirasi manusia adalah sistem organ pada manusia yang bekerja secara sinergis dan berfungsi untuk mengatur pertukaran gas dalam tubuh manusia. Pertukaran gas yang terjadi adalah masuknya O2 dan keluarnya CO2. Sistem respirasi manusia terdiri dari bermacam-macam alat pernafasan yang memiliki fungsi yang berbeda. Alat-alat pernafasan tersebut antara lain adalah:

Alat-alat Pernafasan pada Manusia dan Fungsinya

Secara umum alat-alat pernafasan pada manusia di bagi 3, yaitu:

1. Hidung

Hidung memiliki dua lubang yang berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya udara pernafasan. Pada saat bernafas, hidung akan menghirup O2 dari udara, mengirimnya kesaluran pernafasan hingga masuk kedalam paru-paru dan keluar lagi melalui hidung dalam bentuk CO2. Didalam rongga hidung terdapat bulu hidung dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara.

2. Saluran Pernafasan

Saluran pernafasan adalah saluran yang menghubungkan hidung dan paru-paru. Udara yang masuk melalui lubang hidung akan mengalir masuk kesaluran pernafasan sebelum tiba keparu-paru. Saluran pernafasan meliputi:

  • Faring (tekak), merupakan persimpangan tenggorokan dengan kerongkongan
  • Laring (pangkal tenggorokan), di dalamnya terdapat pita suara (syrink)
  • Trakhea (tenggorokan), pada trakhea terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring dan mengeluarkan kotoran yang lolos dari saringan hidung. Biasanya kotoran yang akumulasi akan dikeluarkan melalui batuk dalam bentuk dahak.

3. Paru-paru

Paru-paru terletak di dalam rongga dada diatas diafragma dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru berfungsi tempat pertukaran oksigen dari udara dan karbondioksida dari darah. Paru-paru terbagi menjadi 2 bagian, yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) yang terdiri dari 3 lobus dan paru-paru kiri (pulmo sinester) terdiri dari 2 lobus. Paru-paru dibungkus oleh selaput pleura rangkap dua yang berisi cairan limfa. Dalam paru-paru terdapat cabang-cabang saluran pernafasan, yaitu:

  • Bronkhus. Bronkus adalah saluran pernafasan yang menghubungkan trakhea dengan paru-paru. Brokus bercabang dua, yang satu menuju ke paru-paru kiri dan satu lagi ke paru-paru kanan. 
  • Bronkhiolus Bronkiolus adalah saluran-saluran kecil yang nerupakan percabangan dari bronkus. Fungsinya sama dengan bronkus, yaitu sebagai tempat keluar masuknya udara
  • Alveolus (gelembung paru-paru). Alveolus adalah gelembung yang terdapat di setiap ujung bronkiolus. Alveolus merupakan kantung-kantung sangat tipis yang diselimuti oleh pembuluh kapiler darah. Fungsi Alveolus adalah sebagai tempat pertukaran O2 dan CO2. Pada dasarnya, Kumpulan alveolus inilah yang membentuk paru-paru.