Bagian-bagian Akar Tumbuhan | Fungsi Bagian-bagian akar

January 21st, 2013 0 Comments

Bagian-bagian akar. Umumnya, akar adalah bagian tumbuhan yang ada dibawah tanah. Tapi ada juga akar yang tumbuh diatas permukaan tanah, untuk mengetahui jenis-jenis akar silah baca di SINI. Berdasarkan bentuknya, bentuk akar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu akar serabut dan akar tunggang. Meski berbeda bentuk, kedua jenis akar ini tersusun oleh bagian-bagian akar yang sama. Bagian-bagian akar tersebut adalah:


Bagian-bagian Akar dan Fungsinya

Akar tumbuhan, baik akar serabut maupun akar tunggang tersusun atas bagian-bagian akar yang sama.  Fungsi bagian-bagian akar adalah sebagai berikut, yaitu:

1. Inti akar
Inti akar adalah adalah bagian akar yang terletak di tengah penampang akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Fungsi inti akar tergantung pada jenis pembuluhnya. Pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun, sedangkan fungsi pembuluh tapis adalah mengangkut hasil fotosintesis ke sluruh tubuh tumbuhan.

2. Rambut akar
Rambut akar berbentuk serabut halus yang menempel dikulit luar akar. Fungsi rambut akar adalah menyerap air dari dalam tanah. Rambut akar inilah yang menyusup dan menembus kedalam tanah untuk mencari nutrisi yang dibutuhkan tubuh tumbuhan.

3. Tudung akar
Tudung akar adalah bagian akar yang terletak dibagian ujung akar. Fungsi tudung akar adalah untuk melindungi akar pada saat menembus tanah. Pada tudung akar terdapat bagian yang disebut kaliptra. Kaliptra tersusun oleh sel-sel parenkim hidup yang kadang mengandung pati. Pada kebanyakan tumbuhan, kaliptra membentuk struktur khusus yang disebut kolumela.  Fungsi kaliptra yaitu untuk melindungi meristem dan melumasi akar sehingga mengurangi gesekan antara ujung akar dan butir-butir tanah pada saat akar menembus tanah. Selain itu, zat-zat yang dihasilkan dapat mengatur pola pertumbuhan bagian-bagian akar yang lain.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Comments are closed.

Categories
Please Like yooo…