Fungsi Daun pada Tumbuhan

Fungsi daun pada tumbuhan. Daun adalah bagian tubuh tumbuhan yang terlihat paling mencolok dibandingkan bagian tanaman yang lain, kecuali bagi tumbuhan yang tidak memiliki daun. Daun juga merupakan salah satu alat yang bisa digunakan dalam klasifikasi tanaman. Daun mengandung zat warna. Sebagian zat warna pada daun adalah klorofil yang memberi warna hijau pada daun. Selain berwarna hijau, daun juga bewarna merah, kuning, coklat, dll tergandung pada zat warna yang terkandung didalamnya. Namun yang paling utama adalah fungsi daun bagi kelangsungan hidup tanaman.


Fungsi Daun pada Tumbuhan

Daun memiliki fungsi yang penting bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup tumbuhan. Fungsi daun antara lain adalah:

1. Tempat terjadinya fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari. Salah satu proses Fotosintesis tumbuhan terjadinya pada daun.

2. Sebagai organ pernapasan atau respirasi.
Pada daun terdapat stomata atau mulut daun dimana merupakan saluran pernafasan tempat daun menghirup CO2 dari udara dan membuang O2 ke udara.

3. Tempat terjadinya transpirasi.
Transpirasi adalah proses menguapnya air dari tumbuhan. Proses transpirasi tumbuhan terjadi melalui stomata atau mulut daun yang terdapat pada permukaan daun, terutama pada permukaan daun bagian bawah. Transpirasi biasanya terjadi pada siang hari dengan bantuan sinar matahari.

4. Tempat terjadinya gutasi.
Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi penyerapan air tinggi namun laju transpirasi rendah ataupun saat kelembaban udara tinggi sehingga penguapan air sulit terjadi. Gutasi biasanya terjadi pada malam hari dimana tetesan air yang terkumpul di daun akibat gutasi biasanya di anggap sebagai embun.

5. Alat reproduksi vegetatif.
Daun juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Contoh yang paling mudah adalah pada perkembang biakan daun cocor bebek dan tanaman akasia.