Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Temu Kunci. Temu Kunci adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu masakan dan bahan obat-obatan tradisional atau jamu. Temu kunci merupakan tanaman rimpang yang bentuknya sangat berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah dan polos tanpa ruas. Temu kunci biasanya di gunakan sebagai bahan tambahan saat membuat sayur bening atau perkedel jagung sehingga mempunyai aroma yang segar. Selain untuk menambah aroma masakan, temu kunci juga mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini adalah Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk kesehatan.


Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat temu kunci bagi kesehatan antara lain adalah:

1. Mengobati mausk angin, sakit perut dan perut kembung. Caranya: ambil rimpang kunci dan daunnya, tumbuk halus lalu tempelkan pada perut yang sakit sebagai obat kompress.

2. Mengobati penyakit kulit. Caranya: ambil rimpang dan daun temu kunci dengan sedikit pulosari, tumbuk halus lalu oleskan pada bagian kulit yang sakit sebagai obat kompress.

3. Mengobati muntah-muntah.  Caranya: tumbuk 1 jari temu kunci, 1 sdt ketumbar, 1/4 genggam daun urat, 1 buah kapulaga, dan 1 jari kayu manis, lalu rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga airnya tinggal separuh. Kemudian angkat dan tiriskan.  Minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Menghilangkan bau badan dan menjaga organ kewanitaan. Caranya: rebus temu kunci dengan daun sirih, lalu minum airnya.