Pengertian dan Definisi Trigonometri

Pengertian dan definisi Trigonometri. Trigonometri adalah bagian dari ilmu matematika yang mempelajari relasi antara sudut dan sisi sebuah segitiga. Trigonometri adalah suatu konsep dalam matematika yang memungkinkan kita menghitung dan memperoleh nilai dari suatu benda tanpa kita perlu melakukan pengukuran secara manual. Trigonometri sangat penting dalam kehidupan kita. sebagian besar pengukuran yang tidak bisa dilakukan secara manual dapat di lakukan dengan menggunakan konsep dan fungsi trigonometri.

Aplikasi ilmu trigonometri dalam kehidupan tersebar di segala bidang. Dari bidang sains, ekonomi, astronomi, seni musik, geografi, elektronik, medical, teknik, dan masih banyak lagi. Dengan trigonometri kita bisa mengukur jarak suatu bintang diangkasa tanpa harus pergi kesana. Dengan trigonometri kita bisa mengukur lebar suatu sungai tanpa harus menyeberanginya.

Dasar yang diperlukan dalam mempelajari trigonometri adalah pengetahuan dan pemahaman tentang sebuah segitiga.  Trigonometri adalah rumus dan fungsi-fungsi yang berkenaan dengan segitiga.  Tujuan utama mempelajari trigonometri dalam ilmu matematika adalah untuk menemukan nilai sebuah sudut atau panjang sisi sebuah segitiga.

Para siswa biasanya mengenal trigonometri secara sederhana melalui fungsi-fungsi trigonometri yang umum seperti sinus, cosinus, tangen, coses, sec, dan cotangen.