Abatoar – Abattoir | Defini dan Arti kata

Pengertian dan arti kata Abatoar atau Abattoir. Definisi KBBI tentang  Abatoar atau abbatoir  adalah tempat penjagalan atau pemotongan hewan untuk umum. Abatoar atau abattoir adalah nama lain dari rumah jagal. Abatoar berasal dari kata dalam bahasa Prancis, abattoir yang artinya adalah rumah penyembelihan atau tempat pembantaian. Di Indonesia kata abator jarang sekali di gunakan, khalayak lebih sering menggunakan istilah rumah jagal untuk menyebut abatoar. Arti kata rumah jagal itu sendiri sama dengan makna abatoar yaitu tempat dimana hewan di sembelih untuk di konsumsi.

Abatoar merupakan sebuah fasilitas umum di mana hewan ternak dipotong dan diproses menjadi daging untuk konsumsi manusia. Hewan yang paling umum dijagal untuk makanan adalah sapi, kerbau, kambing, babi, dan unggas. Rumah jagal di Indonesia saat ini menjadi tempat penting karena cara berpikir yang sudah maju menghendaki kekejaman seperti pembantaian hewan di lakukan jauh dari lingkungan masyarakat. Karena itu sekarang banyak sekali abatoar-abatoar yang didirikan baik oleh swasta ataupun pemerintah dengan mendapat pengawasan dari instansi terkait.  Hal ini untuk menjaga standar kebersihan daging yang dihasilkan dan mencegah polusi lingkungan.

Ada juga rumah makan yang menggunakan kata abatoar sebagai nama restorannya. Yaitu restoran L’Abattoir yang ada di Vancaouver.

Contoh Rumah jagal  yang ada di Indonesia

  • RPA UD. BARI Jl. WR Supratman No.179 Denpasar
  • RPA UD. BUDI JAYA Jl. A. Yani No. 195 Denpasar
  • BARAKAH Komp. Bumi Asri B – 194 A RT 02/05 Bandung
  • AYAM MUTIARA Jl. Sukapura No. 44 RT 07/04 Kiaracondong, Bandung, dll
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)