Jenis-jenis bangunan Megalitik pada zaman Prasejarah

Jenis-jenis bangunan megalitik di zaman Prasejarah. Pada zaman prasejarah banyak sekali bangunan yang dibangun oleh manusia purba yang di hidup di zaman. Peninggalan bangunan prasejarah yang paling banyak di temui saat ini adalah bangunan dari zaman megalithikum dimana pada zaman itu alat-alat dan bangunan hasil kebudayaan terbuat dari batu berukuran besar.  Peninggalan kebudayaan dari zaman purba yang terbuat dari batu disebut sebagai bangunan megalit atau bangunan megalitik.


Jenis-jenis bangunan Megalitik

Macam-macam bangunan megalitik hasil peninggalan manusia purba yang dapat ditemukan di situs-situs purbakala antara lain adalah:

1. Dolmen yaitu bangunan berbentuk meja batu bertiang satu yang biasanya di gunakan sebagai tempat pemujaan
2. Menhir adalah bangunan tugu batu yang dibangun untuk menghormati arwah atau roh nenek moyang
3. Sarkopagus adalah batu besar dengan lubang ditengah seperti lesung namun memiliki tutup yang digunakan sebagai peti mati
4. Waruga adalah juga merupakan peti mati yang terbuat dari batu utuh yang berbentuk kubus atau bulat.
5. Peti Batu Kubur adalah peti mati zaman purba yang terbuat dari batu yang berbentuk kotak dan terdiri dari empat buah papan batu atau lebih yang direkatkan sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti peti.
6. Punden Berundak adalah kepingan batu yang disusun berundak sebagai tempat pemujaan yang ditengahnya terkadang di letakan Menhir sebagai tugu pemujaan.