Kimia Organik adalah | Pengertian Kimia Organik

Pengertian dan definisi Kimia organik. Kimia organik adalah bagian ilmu kimia yang mempelajari tentang struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Kimia organik menjadi sangat penting untuk di pelajari karena semua organisme hidup tersusun atas senyawa-senyawa organik. Dari rambut yang menghias kepala kita, kulit, otot, kuku dan DNA yang mengontrol penurunan genetik, serta obat dan makanan yang dikonsumsi, semuanya tersusun dari senyawa yang merupakan senyawa organik.

Kimia organik mempelajari banyak subjek yang semuanya berkaitan dengan senyawa organik. Senyawa organik itu sendiri secara sederhana di definisikan sebagai senyawa yang di peroleh dari makhluk hidup. Senyawa organik dibangun oleh unsur-unsur seperti karbon dan hidrogen, selain itu dapat juga mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, dan belerang. Ciri utama senyawa organik adalah adanya ikatan antara aton karbon dan hidrogen. Ciri ini yang membedakan senyawa organik dengan senyawa anorganik.

Mempelajari kimia organik tidaklah berbeda jauh dari mempelajari kimia biasa. Hanya saja setiap subjek berkaitan dengan senyawa kimia, baik itu yang menyangkut struktur atom, konfigurasi elektron, reaksi-reaksi, stereokimia, dll. Butuh pemahaman dasar tentang ilmu kimia secara umum untuk bisa mempelajari kimia organik secara benar.