Paleolitikum adalah | Zaman Batu Tua

Paleolitikum adalah Zaman batu Tua. Zaman Paleolotikum adalah salah satu zaman hasil dari pembagian zaman prasejarah. Zaman Paleolitikum adalah antara 750.000 tahun sampai 150.000 tahun yang lalu dan berlangsung kurang lebih 600.000 tahun. Zaman paleolitikum yang disebut juga zaman batu tua ditandai dengan peninggalan alat-alat yang digunakan pada waktu masih sangat sederhana dan primitif. Alat-alat tersebut terbuat dari kayu, bambu ataupun batu yang permukaan masih kasar (tidak diasah).

Kehidupan manusia purba pada zaman batu tua (paleolitikum) masih bersifat nomaden atau berpindah-pindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain. Mereka hidup berkelompok dan mencari makan dengan cara berburu. Jenis manusia purba Indonesia yang hidup pada zaman Paleolitikum antara lain Pithecanthropus erectus, Pithecantropus robustus dan Meganthropus palaeojavanicus.

Peninggalan sejarah dari zaman batu tua atau paleolitikum dapat di temukan di daerah Jawa Timur, yaitu di daerah Pacitan dan Ngandong. Para arkeolog sepakat membedakan temuan benda-benda prasejarah di kedua tempat itu dengan menyebutnya sebagai kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong. Kedua kebudayaan tersebut memiliki ciri-ciri yang dapat membedakan antara yang satu dengan yang lain yaitu;

Ciri kebudayaan Pacitan dan Ngandong:

  • Ciri kebudayaan Pacitan adalah alat-alat dari batu berbentuk seperti kapak tidak bertangkai yang berfungsi sebagai chopper atau alat penetak. Alat-alat tersebut diperkirakan milik manusia jenis Pithecanthropus Erectus.
  • Ciri kebudayaan Ngandong menghasilkan alat-alat yang terbuat dari tulang binatang dan kapak genggam dari batu. Alat dari tulang diperkirakan digunakan untuk menggali ubi-ubian dari dalam tanah serta untuk menangkap ikan