Akomodasi Mata adalah | Definisi dan Arti Kata

March 29th, 2013 0 Comments

Pengertian dan definisi daya Akomodasi mata. Daya Akomodasi mata adalah kemampuan mata untuk menebal dan menipiskan lensa. Kemapuan ini berhubungan dengan jarak jauh dekatnya benda yang dilihat oleh mata. Lensa mata akan menebal kalau melihat benda dekat karena otot mata menjadi mengkerut. Begitu pula sebaliknya, lensa mata akan menipis kalau melihat benda jauh, karena otot mata mengendur.

Pengertian daya Akomodasi Mata

Daya akomodasi mata ini berfungsi untuk meletakan bayangan benda tepat pada retina mata. Sehingga benda dapat dilihat dengan baik dan jelas. Daya akomodasi mata di batasi oleh 2 titk, yaitu:
  • Titik dekat (Punctum proximum), yaitu titik terdekat yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata
  • Titik jauh (Punctum remotum), yaitu titik terjauh yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata
Ketidakmampuan mata melakukan daya akomodasi akan menyebabkan mata mengalami kelainan atau kerusakan mata. Kerusakan atau cacat mata yang disebabkan oleh daya akomodasi mata yang tidak sempurna adalah rabun jauh dan rabun dekat. Pada rabun jauh bayangan jatuh didepan retina sehingga mata tidak bisa melihat benda yang jauh dengan jelas. Sedangkan pada rabun dekat bayangan jatuh di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat benda yang dekat dengan jelas. Kedua cacat mata seperti diatas dapat di bantu dengan penggunaan kaca mata.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

Comments are closed.

Categories
Please Like yooo…