Alveolus adalah | Pengertian dan definisi Alveolus

Pengertian dan definisi Alveolus. Alveolus adalah saku-saku kecil berisi udara yang terdapat pada paru-paru Vertebrata, berdinding tipis, dikelilingi pembuluh darah, dan berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam proses pernapasan. Alveolus terdapat pada parenkim paru-paru, yang merupakan ujung dari saluran pernapasan, dimana kedua sisi merupakan tempat pertukaran udara dengan darah. Ukuran rata-rata alveolus adalah sekitar 250 mikron. Ketika kita dilahirkan, kita memiliki 200.000.000 kelompok alveoli. Tapi saat kita menjadi dewasa, angka berkembang menjadi dua kali lipatnya.

Pengertian Alveolus

Alveolus merupakan anatomi yang hanya dimiliki oleh mamalia. Pada vertebrata sistem pertukaran gas memiliki struktur yang berbeda. Membran alveolaris adalah permukaan tempat terjadinya pertukaran gas. Darah yang kaya karbon dioksida dipompa dari seluruh tubuh ke dalam pembuluh darah alveolaris, dimana, melalui difusi, ia melepaskan karbon dioksida dan menyerap oksigen.

Duktus alveolaris adalah pangkal dimana setiap ujung terdapat sekelompok alveolus. Alveolus yang sangat banyak di sebut alveoli. Alveoli adalah bentuk jamak alveolus. Setiap paru mengandung sekitar 300 juta alveoli. Lubang – lubang kecil didalam dinding alveolar memungkinkan udara melewati satu alveolus yang lain. Lobulus primer atau unit paru adalah bronkiolus dengan kelompok – kelompok alveolusnya.


VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)